Erick Temui Anies Bahas Pembangunan Transportasi Terpadu

Jakarta, MINA – Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir mendatangi Balaikota DKI Jakarta Selasa (29/10) sore. Kedatangan Erick adalah untuk membahas program kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah.

Pertemuan antara Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilakukan di Balai Agung Balai Kota DKI Jakarta. Namun pertemuan tersebut digelar tertutup. Seusai pertemuan, keduanya menyebut pertemuan membahas pembangunan transportasi terpadu.

Pertemuan yang berlangsung sekitar sejam tersebut merupakan lanjutan dari instruksi Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada 8 Januari 2019 lalu soal integrasi pengelolaan transportasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Erick tidak menjelaskan secara detail konsep pengintergasian tersebut. Namun demikian, ia menyusun garis besarnya saja, apa yang menjadi bahasan utama dalam pertemuan yang baru dilakukan pertama kalinya itu.

“Mungkin pada saat yang tepat baru kami bisa presentasikan total planningnya agar juga tidak membingungkan masyarakat,” kata Erick seusai pertemuan.

Sementara itu, Anies mengatakan, pertemuan tersebut diharapkan bisa menghasilkan moda transportasi kereta api, transjakarta, dan angkutan umum lainnya bisa terintegrasi dalam satu sistem pengelolaan.

“Saat ini, kalau menggunakan Jak Lingko bisa kecuali yang dikelola oleh pemerintah pusat. Nah karena itu tadi dibahas, supaya pengguna kartu itu bisa menggunakan kendaraan yang dikelola oleh pemerintah pusat. Jadi bukan pembangunan infrastruktur, tapi integrasi pengelolaan transportasi umum,” katanya.

Anies menambahkan, saat ini pihaknya bersama BUMN sudah membentuk tim kecil untuk menyusun langkah-langkah penyatuan program integrasi moda transportasi.

“Tim kecil yang akan bekerja dari Pemprov DKI dan BUMN. Tim kecil ini nanti akan merumuskan langkah-langkah. Tapi arahan dari Pak Presiden adalah pengelolaan transportasi itu dikelola oleh yang mengelola tata ruang dan tata ruang itu dikelola oleh DKI,” katanya. (R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)