Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Erupsi Gunung Semeru Masih Fluktuatif

kurnia - Jumat, 11 November 2022 - 17:14 WIB

Jumat, 11 November 2022 - 17:14 WIB

1 Views ㅤ

Lumajang, Jawa Timur, MINA – Aktivitas Gunung Semeru yang beberapa hari lalu  mengalami erupsi disertai Awan Panas Guguuran (APG) dengan jarak luncur 4,5 kilometer ke arah Besuk Kobokan, hingga saat ini masih fluktuatif.

“Guguran lava pijar pada saat malam hari, juga masih terpantau terjadi dengan jarak luncur yang relatif aman, karena jauh dari pemukiman warga terdekat,” berdasarkan laporan rutin Petugas Pemantau Gunung Api (PPGA) Semeru di Pos Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, terekam dan tercatat dalam periode pengamatan hari Jum’at (11/11), pukul 06.00 – 12.00 WIB.

Secara visual gunung jelas, kabut 0-II, hingga kabut 0-III.

Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 500-1.000 m di atas puncak kawah.

Baca Juga: Aktivitas Gunung Semeru Meningkat, Masyarakat Diimbau Waspada

“Teramati juga telah terjadi  letusan sebanyak 1 kali dengan tinggi asap berwarna putih kelabu, kurang lebih 500 meter serta condong kearah barat daya. Untuk guguran lava juga teramati terjadi 1 kali dengan jarak luncur kurang lebih 200 meter dari ujung lidah lava. Untuk gunung dominan tertutup kabut,” tulis Mukdas Sofian, dalam laporannya, Jum’at (11/11).

Sedangkan secara kegempaan, Sofian melaporkan telah terjadi 19 kali letusan, 3 kali guguran, 6 kali hembusan, 4 kali tremor hermonik dan sekali tektonik jauh.

“Untuk tingkat aktivitas, hingga kini Gunung Semeru masih berstatus siaga atau level 3,” jelasnya. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Masjid Salman ITB Bersama MER-C Indonesia akan Gelar Acara Bandung for Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia