Evakuasi Kepulangan TKI dari Yaman ke Indonesia Lewat Oman

Evakuasi Kepulangan WNI atas nama Agung Samsudin dari ke Lewat Salalah, . (Foto: Kemlu)

Salalah, 29 Rajab 1438/26 April 2017 (MINA) – Proses evakuasi WNI keluar dari wilayah Yaman masih terus berlangsung. KBRI Sana’a telah mengkoordinasikan dan membantu proses evakuasi kepulangan satu orang WNI TKI bernama Agung Samsudin keluar Yaman ke Indonesia melalui Salalah, Kesultanan Oman.

Agung Samsudin bekerja di kota Mukalla ibukota Provinsi Hadramaut, Yaman sebagai tenaga ahli pijat refleksi di klinik milik seorang WNA Yaman bernama Thalib Husen Umar Bakuban.

Agung telah bekerja di Yaman sejak bulan Agustus 2016 atau kurang lebih selama delapan bulan, demikian keterangan pers Kemlu yang diterima MINA, Rabu (26/4).

Proses evakuasi dimulai pada hari Selasa, 18 April 2017, Agung berangkat dari kota Mukalla menggunakan transportasi darat menuju kota Tarim, Provinsi Hadramaut. Selanjutnya pada hari Kamis, 20 April 2017, dia berangkat dari Tarim dengan Bus Gulf Transport Company (GTC) menuju Salalah melalui perbatasan Mazyunah-Oman.

Pada hari Jumat, 21 April 2017 dini hari, Agung tiba di perbatasan Shahn, Provinsi Mahra, Yaman dijemput dan dibantu proses keimigrasian di kantor Imigrasi Shahn oleh Tim KBRI Sana’a. Pada pagi harinya, ia didampingi Tim KBRI Sana’a tiba di perbatasan Mazyunah, Oman dan Tim KBRI Sana’a membantu proses keimigrasian masuk Kesultanan Oman.

Selanjutnya, dia bersama Tim KBRI Sana’a melanjutkan perjalanan ke shelter KBRI Sana’a di Faris Apartment Building I, Salalah, Oman.

Selama berada di shelter KBRI Sana’a, dia difasilitasi dengan baik. Agung juga diberikan kesempatan untuk menghubungi keluarga yang berada di Indonesia untuk mengkoordinasikan rencana kepulangan.

Selanjutnya pada hari Senin, 24 April 2017 dini hari, KBRI Sana’a mengantar dan membantu proses check-in serta keimigrasian Agung di Bandara Internasional Salalah, Oman untuk selanjutnya berangkat ke Indonesia. Dia telah tiba di Indonesia pada malam harinya. (T/R01/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: bahron

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.