SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fadli Zon Puji Program Pembangunan RSIA Indonesia di Gaza

Arina Islami Editor : Rudi Hendrik - Kamis, 4 Juli 2024 - 16:40 WIB

Kamis, 4 Juli 2024 - 16:40 WIB

16 Views

Pertemuan AWG dan Maemuna Center bersama BKSAP DPR RI di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen DPR/MPR RI, Jakarta Pusat pada Rabu (3/7/2024). [Foto: Arina/MINA]

Jakarta, MINA – Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon memuji program pembangunan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Indonesia di Gaza City, Palestina, yang diinisiasi oleh divisi perempuan Aqsa Working Group (AWG), Maemuna Center Indonesia.

“Terkait pembangunan RSIA ini adalah kabar yang menggembirakan,” kata Fadli dalam pertemuan bersama AWG dan Maemuna Center di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen DPR/MPR RI, Jakarta Pusat pada Rabu (3/7).

“Kami mendukung dan mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dari Aqsa Working Group dan Maemuna Center yang sudah memulai rencana membangun Rumah Sakit Ibu dan Anak Indonesia di Gaza,” sambungnya.

Fadli Zon menyebut, pembangunan RSIA Indonesia ini merupakan sebuah inisiatif yang sangat penting pasca-agresi Zionis Israel meskipun belum diketahui kapan serangan brutal itu akan berakhir.

Baca Juga: ICMI: Sistem Politik Indonesia Perlu Evaluasi Total

Namun menurutnya, persiapan rekonstruksi Gaza, salah satunya dengan membangun RSIA Indonesia sudah harus dipersiapkan.

“Israel menghancurkan semua infrastruktur sehingga banyak fasilitas medis yang hancur. Kehadiran RSIA Indonesia insya Allah diwujudkan akan menjadi bagian yang penting bagi rakyat Gaza pasca-agresi dan memang harus ada yang memikirkan apa yang akan dilakukan untuk rekonstruksi dan rehabilitasi setelah perang (agresi),” kata Fadli.

“Mudah-mudahan ini menjadi amal untuk semua pihak yang memberikan dukungan, bantuan, donasi bagi terwujudnya RSIA Indonesia di Gaza,” pungkasnya.

Rencana pembangunan RSIA Indonesia di Gaza City pertama kali diumumkan oleh Ketua Maemuna Center, Onny Firyanti Hamidi pada 3 Desember 2023 dalam acara penutupan Bulan Solidaritas Palestina di Sofyan Hotel Cut Meutia, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Hayu Prabowo: Pola Hidup Solusi Berbasis Alam Kunci Penting Hadapi Krisis Iklim

Maemuna Center pun telah berhasil mendapatkan tanah wakaf seluas 5000m² di Gaza City dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Palestina.

Ketua Presidium AWG yang juga site manager pembangunan RS Indonesia di Gaza Utara bersama Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Nur Ikhwan Abadi mengajak seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam pembangunan RSIA Indonesia di Gaza City itu.

Nur Ikhwan mengatakan, sebagian besar relawan yang mendirikan RS Indonesia di Gaza Utara berasal dari Yayasan Pesantren Al-Fatah, sebuah yayasan yang menaungi AWG dan Maemuna Center.

Dengan demikian, kata Nur Ikhwan, AWG dan Maemuna Center sudah mempunyai pengalaman membangun rumah sakit di zona konflik.[]

Baca Juga: IRI Indonesia Bentuk Aliansi Pemuda Lintas Agama untuk Iklim

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Palestina
Indonesia