Fahri Hamzah Terpilih sebagai Presiden Keluarga Alumni KAMMI

, 13 Safar 1438/13 November 2016 (MINA) – terpilih secara aklamasi  sebagai Presiden Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia () dalam Kongres yang berlangsung sejak 12/11, hingga Ahad 13/11 dinihari pukul 01.00.

Fahri Hamzah yang juga Wakil Ketua DPR RI itu dalam acara penutupan kongres, menyatakan rasa terima kasihnya kepada seluruh keluarga besar alumni KAMMI dari seluruh Indonesia, karena telah berpartisipasi memperlancar kegiatan kongres ini.

“Kepercayaan alumni KAMMI pada saya adalah salah satu tangga bagi segenap alumni untuk senantiasa aktif; belajar dan menimba ilmu, serta bersungguh-sungguh membesarkan organisasi Alumni yang solid, kokoh dan profesional, serta mampu memperjuangkan agenda ummat dan bangsa secara optimal,” kata dia.

Menurut Fahri, organisasi alumni KAMMI menghadapi berbagai tantangan besar untuk menjadi organisasi yang eksis di era digital sekarang. Yang pertama adalah paradigma pegiat alumni yang terkooptasi oleh pikiran bahwa organisasi alumni KAMMI adalah organisasi yang dikendalikan oleh pihak lain. Padahal sejak awal, sebagai  organisasi  kemahasiswaan KAMMI  sudah mendeklarasikan diri sebagai organisasi yang independen. Apalagi organisasi alumninya.

“Yang kedua adalah tentang kecenderungan berpikir sektoral.  Organisasi Alumni KAMMI akan menjalani masa kegemilangannya ketika para aktivisnya melepaskan diri dari kungkungan yang terlalu berorientasi politis,” kata dia.

Dengan menasbihkan diri sebagai organisasi mandiri yang para pegiatnya, dimana aktivisnya mampu berpikir dan bertindak merdeka, kata Fahri, maka alumni KAMMI akan mampu merancang dan menjalani program yang lebih kompleks dan beragam sektornya, demi kebesaran organisasi.

“Yang ketiga adalah telah begitu lamanya kita mengambil jarak aktivisme kita dengan yang namanya organisasi. Kesibukan kita di dunia politik dan ekonomi dan sosial, sesungguhnya membuat kita sedikit melupakan KAMMI dan dunianya,” tuturnya.

Ia kemudian mengajak untuk mengingat romantisme jalanan dan kebesaran masa lalu alumni KAMMI dan meyakinkan diri bahwa alumni KAMMI lahir untuk membesarkan KAMMI, tempat di mana menyemai kembali harapan perubahan.

Bersamaan dengan pemilihan Presiden Alumni, dipilih juga 15 nama Tim Formatur (termasuk nama Fahri salah satunya) yang akan bertugas menyusun struktur kepengurusan; merampungkan draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi Alumni KAMMI; serta melakukan langkah-langkah untuk melegalisasikan organisasi alumni. (L/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)