Faksi-faksi Palestina di Gaza Bersatu Lawan Rencana Aneksasi

Gaza, MINA – Faksi- faksi Palestina di Gaza pada Ahad (28/6) mencapai kesepakatan mengenai dokumen yang menguraikan rencana aksi nasional terpadu untuk menghadapi “Kesepakatan abad ini” AS.

Rencana tersebut terdiri dari mengaktifkan perlawanan komprehensif untuk menghadapi rencana likuidasi, menyerukan orang-orang untuk mengambil bagian dalam hari kemarahan pada 1 Juli dan aktivitas besar dengan partisipasi semua faksi di Gaza, MEMO melaporkan.

Dinyatakan,  dalam pernyataan yang dikeluarkan pada akhir pertemuan nasional berjudul “Bersatu melawan keputusan aneksasi dan kesepakatan abad ini”, implementasi yang berkelanjutan dan penerapan segera dari keputusan PNC dan PCC untuk menarik pengakuan dari pendudukan dan penarikan dari Kesepakatan Oslo, termasuk kewajiban keamanan, politik dan ekonomi dan semua yang terjadi setelahnya.

Pernyataan faksi-faksi tersebut menyerukan pertemuan darurat untuk menyepakati keputusan terpadu guna menghentikan keputusan aneksasi dan meluncurkan kampanye nasional menghadapi rencana dan ‘kesepakatan abad ini’.

Kampanye ini dapat menghasilkan pembentukan komite perlindungan dan respons.

Pernyataan itu juga menyerukan perlunya membentuk komite media khusus guna mengawasi kampanye media besar-besaran, dan pembentukan komite hukum untuk menyiapkan kasus hukum yang komprehensif mengutuk pendudukan.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pemerintahnya berencana untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat dan Lembah Jordan yang diduduki mulai 1 Juli. Palestina percaya wilayah itu akan mencakup lebih dari 30 persen Tepi Barat.

Menanggapi pengumumannya, Otoritas Palestina mengatakan bahwa mereka tidak lagi terikat oleh semua perjanjian dengan Israel, termasuk yang berkaitan dengan keamanan. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)