Fans Celtic FC Kibarkan Bendera Palestina Saat Pertandingan Final

Glasgow, MINA – Fans klub sepak bola Skotlandia Celtic FC mengibarkan bendera Palestina selama pertandingan dalam solidaritas kepada pengunjuk rasa Palestina yang dibantai oleh pasukan Israel 14 Mei lalu.

Dalam pertandingan Final Piala Skotlandia pada Sabtu, 19 Mei lalu melawan Motherwell di Glasgow, para pendukung Celtic FC mengangkat spanduk-spanduk yang bertulisan “Celtic Stands with Palestine”, “End Genocide”, dan “No Zionism”, demikian Palestine Chronicle melaporkan.

Sebanyak 64 warga Palestina tewas dan ribuan terluka oleh tembakan Israel ketika mereka berdemonstrasi di sepanjang pagar perbatasan Gaza-Israel yang menentang pemindahan kedutaan Amerika Serikat ke Yerusalem.

Spanduk itu muncul pada menit ke-70, yang menyimbolkan untuk memperingati 70 tahun Hari Nakbah, ketika ratusan ribu orang Palestina dirampas tanahnya dan diusir oleh otoritas kolonial.

Baca Juga:  PBB Selidiki Perbudakan Seksual di Tempat Penahanan Sudan

Dalam pertandingan itu, Celtic memenangkan Piala Skotlandia setelah menang dengan skor 2-0.

Fans Celtic FC telah lama dikenal karena solidaritas mereka kepada orang-orang Palestina selama pertandingan, meskipun UEFA mengenakan denda kepada mereka.

Bulan lalu, 16 bendera Palestina dikibarkan selama pertandingan untuk menghormati 16 warga Gaza yang tewas dalam salah satu demonstrasi massa Great Return March. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Zaenal Muttaqin

Comments: 0