FATAH-HAMAS LANJUTKAN PERUNDINGAN PEMERINTAH BERSATU

Fatah-Hamas-MAAN

Fatah-Hamas-MAAN

Gaza, 27 Rajab 1435/26 Mei 2014 (MINA) – Para pejabat dan akan bertemu pada Senin (26/5) untuk melanjutkan perundingan tentang pembentukan pemerintah bersatu, yang diharapkan akan segera diumumkan pekan ini.

Pejabat Fatah Azzam Al-Ahmad dan Abu Shalha Faisal akan datang ke Gaza untuk melakukan perundingan dan fokus pada pemilihan kandidat untuk posisi menteri.

Al-Ahmad mengatakan pekan lalu, pemerintah harus siap pada 28 atau 29 Mei. Sebagaimana dilaporkan Ma’an News Agency, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pejabat senior Hamas Mousa Abu Marzouq mengatakan,  pembentukan pemerintahan baru akan didominasi oleh Hamas maupun Fatah, namun tetap mereka diberi tugas untuk mempersiapkan pemilihan legislatif dan presiden, rekonsiliasi, dan membangun kembali Gaza.

Pekan lalu, Presiden Mahmoud Abbas menginformasikan, Rami Hamdallah telah dipilih untuk memimpin pemerintah consensus, dan  Hamas tidak keberatan mengenai hal itu.

Beberapa faksi politik Palestina, seperti PFLP dan DFLPmengatakan, mereka tidak diikutsertakan dalam  perundingan pemerintah bersatu.

Pada 23 April lalu Hamas dan Fatah telah menandatangani kesepakatan rekonsiliasi. Berdasarkan kesepakatan itu, kedua belah pihak akan membentuk “Pemerintahan mandiri” yang dipimpin Abbas, dan membuka jalan bagi pelaksanaan pemilu yang sudah lama tertunda.(T/Nidiya/R2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Comments: 0