Fauziah Muslimah: Berdakwah Lewat Gaya Hidup Halal

Jakarta, MINA – Head of Content Officer Gomuslim.co.id, Fauziah Muslimah mengatakan, banyak cara berdakwah bagi orang Islam diantaranya lewat gaya hidup (lifestyle) halal.

“Kita bisa mendakwahkan Islam yang rahmatan lil alamin itu lewat lifestyle orang Muslim seperti fashion, makanan, kosmetik  itukan kebutuhan yang setiap hari kita gunakan,” ujarnya kepada MINA usai menjadi narasumber Online Media For Muslim Lifestyle (Media Online untuk Gaya Hidup Muslim” pada acara ‘Jakarta Syariah Halal Festival‘ di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan,Sabtu (9/3).

“Jadi melalui itu kita berdakwah bahwa Islam jangan dikaitkan dengan perang, teroris, dan kejahatan lainnya, dengan lifestyle kita menunjukkan bahwa Islam itu damai, Islam itu indah dipandang, bersih dan rapih,” tambahnya.

Menurutnya, industri syariah di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang signifikan.

“Dari pantauan saya untuk industri syariah dari tahun ke tahun ada peningkatan yang signifikan. Bahkan didukung oleh pemerintah, dengan menargetkan Indonesia menjadi pusat Muslim fashion dunia di tahun 2020,” ujarnya.

Meski Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) diundangkan, akan tetapi masih belum dirasakan kehadirannya bagi masyarakat. UU JPH belum berfungsi menjadi lokomotif penggerak bagi dunia usaha baik Usaha Kecil Menengah (UKM) dan industri halal.

“UU saat ini sedang dalam proses dalam tahap penyesuaian dan sebagainya, meski belum bisa diterapkan. Namun di sisi lain seperti Muslim fashion, industri halal, keuangan syariah justru makin berkembang, ditambah lagi pemahaman masyarakat Muslim yang semakin terbuka itu semakin meningkat bisa dilihat dari banyaknya komunitas dakwah, komunitas hijrah, komunitas produk halal, komunitas pengusaha muslim juga makin banyak,” tambahnya.

Dalam target Indonesia menjadi pusat fashion Muslim dunia, Fauziah berharap Indonesia tidak hanya menjadi konsumen tapi juga produksen halal dunia.

“Indonesia yang dikenal sebagai negara terbesar penduduk Muslim harus bisa menjadi pusat halal dengan mengembangkan industri halal dari produk-produk dan desainer dalam negeri,” tambahnya. (L/R10/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)