FBI: Insiden Penembakan di AS Melonjak 52% Tahun 2021

Washington, MINA  – Biro Investigasi Federal (FBI) melaporkan, “penembakan aktif” di Amerika Serikat melojak hingga 52% pada tahun 2021 yang lalu.

Menurut data FBI, peningkatan tersebut  merupakan rekor tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (24/5), serangan tahun lalu menyebar di 30 negara bagian, menyebabkan 103 orang tewas dan 140 terluka.

Departemen tersebut menghitung tahun 2020 sebelumnya, ada 40 serangan penembak aktif di 19 negara bagian yang menewaskan 38 orang dan melukai 126 orang.

Tahun itu bertepatan dengan puncak pembatasan kehidupan sosial dan ekonomi akibat pandemi virus corona.

FBI juga mencatat 31 insiden serupa pada 2017, dan 30 pada 2018 dan 2019.

Departemen mendefinisikan “penembak aktif” sebagai orang-orang yang terlibat dalam pembunuhan atau mencoba membunuh orang di ruang publik dengan cara yang tampaknya acak.

Sekitar satu dari lima insiden “penembak aktif” pada tahun 2021 juga merupakan pembunuhan massal.

Laporan itu disiarkan lebih dari sepekan setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah toko kelontong di Buffalo, New York, dan menewaskan 10 orang.

Serangan rasis itu menarik perhatian pada ideologi supremasi kulit putih dan seruan baru untuk meningkatkan kontrol senjata federal di AS.

Insiden yang dihitung dalam laporan FBI termasuk pembunuhan 10 orang oleh seorang pria bersenjata di Kings Soopers Grocery Store di Boulder, Colorado, pada Maret 2021 dan serangan terhadap tiga spa di Atlanta, Georgia, pada bulan yang sama yang menewaskan delapan orang. Termasuk serangan terhadap fasilitas FedEx di Indianapolis, Indiana pada April tahun itu yang menewaskan delapan orang.

Para penyerang berusia antara 12 hingga 67 tahun dan didominasi laki-laki, dengan hanya satu insiden yang melibatkan penembak wanita.

Laporan tersebut juga mengidentifikasi tren yang muncul dari “penembak aktif keliling”, di mana penyerang menargetkan lebih dari satu lokasi. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.