FEDERASI MUSLIM KOREA HARAPKAN GAYA HIDUP HALAL DIBUDAYAKAN

IMG_7444 copy
Direktur Federasi Muslim Korea Hamid Choi (tengah) bersama para delegasi peserta dari berbagai negara di acara INDHEX 2014 di Jakarta, 22 Oktober 2014. Foto: MINA

Jakarta, 28 Dzulhijjah 1435/22 Oktober 2014 (MINA) – Berbagai acara halal dan syariah untuk masyarakat Muslim di dunia sudah semestinya dibudayakan, kata Direktur Federasi Muslim Korea Hamid Choi.

”Saya berharap kegiatan seperti ini menjadi kebiasaan hidup kita dan tidak hanya dilakukan satu dua kali saja,” kata Choi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), merujuk pada acara Indonesia Internasional Halal Expo (INDHEX) yang digelar MUI di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu.

Menurut pria kelahiran Seoul ini, meskipun aktivitas gaya hidup halal masih terbatas di negerinya, namun Muslim minoritas di sana sudah mulai menyadari akan pentingnya halal dan tidak sedikit dari mereka mulai mencari dan melakoni hal tersebut.

Choi yang sudah dua kali ke Indonesia mengapresiasi Muslim di negara ini yang sudah banyak berkontribusi dalam isu halal secara khusus dan isu Muslim lainnya secara umum.

”Saya berterima kasih kepada sauadara-saudara di Indonesia yang sudah banyak aktif berkontribusi dalam berbagai isu keislaman di Korea,” katanya sambil menuturkan populasi warga Indonesia di sana.

Choi menjadi salah satu diantara peserta dari 14 negara yang hadir dalam acara INDHEX itu. Kegiatan pameran yang dihadiri ratusan stand halal ini merupakan puncak kegiatan dari rangkaian acara sebelumnya, di mana para peserta dari berbagai negara mendapat pelatihan Sertifikasi Halal dari MUI agar mereka bisa menerapkannya di negara masing-masing.

Kegiatan INDHEX akan berlangsung sampai 25 Oktober mendatang. Masyarakat masih bisa mengungjungi pameran yang akan diisi dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan halal seperti seminar dan kegiatan hiburan lainnya.

Hari ini, Jawa Barat mendapatkan penghargaan Halal Award dari MUI atas partisipasi aktifnya memasarkan, mengembangkan dan mensosialisasikan segala isu yang berhubungan dengan halal.

Besok sampai akhir kegiatan, pameran akan menghadirkan simposium Global Halal Research Forum yang merupakan pertemuan ilmiah yang diadakan lembaga sertifikasi halal LPPOM MUI.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini juga akan menghadirkan Hijab Talent Show pada 25 Oktober, di mana acara yang didukung Wardah dan detikforum ini merupakan kontes pencarian bakat Muslimah di Indonesia.(T/R04/R05/P002/P010/R11)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0