Festival Budaya di Turkiye Suguhkan Pertunjukan Anak Gaza Korban Israel

Istanbul, MINA – Edisi keenam Festival Budaya Turkiye Ethnosport yang dimulai pada Kamis (6/6), menggelar serangkaian kegiatan memperingati ribuan anak-anak yang tewas akibat serangan Zionis Israel di Jalur Gaza.

Konfederasi Ethnosport Dunia (WEC) menyelenggarakan acara ini di Bandara Ataturk di kota metropolitan Istanbul, Kamis-Sabtu (6-9/6).

Acara tersebut diikuti oleh perwakilan dari sekitar 30 negara untuk menampilkan olahraga tradisional, kerajinan tangan, kuliner lokal, dan permainan untuk anak-anak.

Festival yang akan menyambut ratusan ribu pengunjung selama empat hari ini berupaya menyampaikan tangisan kesedihan anak-anak Palestina yang menjadi korban serangan brutal Israel, festival menggelar ratusan sepatu mewakili anak-anak Palestina.

Akan ada satu tenda festival yang didirikan untuk menjelaskan kondisi sulit yang dialami warga Gaza. Selain itu, peserta juga dapat memakai kacamata tiga dimensi dan memanjat treadmill dengan beban berat di punggung mereka untuk memahami situasi pengungsi Gaza.

Baca Juga:  Netanyahu Umumkan Pembubaran Kabinet Perang Israel

Berbicara kepada Anadolu, Tulay Gokcimen, koordinator WEC untuk kawasan Palestina, mengatakan bahwa mereka berupaya membuat sebuah panggung drama untuk menunjukkan apa yang dialami di Gaza dapat dilihat oleh para pengunjung.

“Jika kita menempatkan sepatu yang mewakili setiap anak yang dibantai di Gaza, maka Bandara Ataturk akan dipenuhi dengan sepatu,” katanya.

“Tema festival adalah ‘Setiap anak berhak bermain’ dan ‘Semua anak berhak hidup dan belajar’. Kami mencoba menjelaskan kepada masyarakat di sini. Semuanya didesain untuk anak-anak yang hadir di sini sebagai tamu,” ujar dia.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi