Festival Film HAM di Gaza Gelar Karpet Merah

Gaza, 7 Sya’ban 1437/14 Mei 2016 (MINA) – Festival Film HAM tahunan yang kedua di Gaza menggelar karpet merah, memberikan nuansa kemewahan dan glamor untuk ukuran sebuah kota yang terus menderita dalam blokade Israel.

Di saat dunia elit Hollywood Amerika Serikat menyalakan keglamoran di Festival Film Cannes, festival sederhana ini sangat berbeda dan juga untuk mengistirahatkan sebentar rakyat Gaza dari rutinitas kesulitan sehari-harinya.

“Idenya di sini adalah untuk membiarkan warga Gaza, di mana tidak ada bioskop berfungsi, mengalami pelarian sinematik sedikit,” kata wartawan Al Jazeera Mohammed Jamjoom melaporkan dari festival yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Jamjoom melaporkan, peserta dari segala usia.

“Mereka begitu lelah dari konflik dan embargo, jelas senang mendapatkan kesempatan yang tidak sering datang dengan cara mereka,” tambah Jamjoom.

Panitia mengatakan, acara ini dimaksudkan memberikan rakyat Gaza kesempatan untuk merasa damai, meski hanya sesaat.

“Slogan, hashtag festival kami adalah dalam bahasa Arab yaitu “Badna Nitnafas” yang berarti “kami ingin bernapas, kami ingin menghirup udara, kami ingin bernapas dalam kebebasan,” kata Saud Aburamdan, salah satu penyelenggara dari festival.

Aburamdan mengatakan, acara ini juga dimaksudkan untuk mengirim pesan kepada dunia bahwa Gaza bukanlah kota “teroris” tapi kota orang-orang yang mencintai kehidupan.

“Gaza memiliki wajah lain, wajah lain Palestina yang indah di Jalur Gaza yang mencintai kehidupan, mereka bukan teroris. Mereka juga bisa pergi dan menonton film,” tambahnya.

Selama empat hari, 70 film dijadwalkan diputar di layar, di antaranya fitur narasi, dokumenter dan film pendek, semua gratis untuk umum.

“Saya senang saya suka acara seperti ini, kegiatan untuk saya dan anak-anak saya, acara budaya,” kata warga Gaza bernama Maysa Al-Atrash. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aljazeera.com/news/2016/05/gaza-red-carpet-event-mirrors-cannes-film-festival-160513182023454.html