Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Festival Hari Buku Nasional 2021 Akan Digelar di Banten

Lailatul Mukarromah - Kamis, 20 Mei 2021 - 20:03 WIB

Kamis, 20 Mei 2021 - 20:03 WIB

4 Views

Serang, Banten, MINA – Festival Hari Buku Nasional 2021 akan diselenggarakan pada 26-30 Mei di Provinsi Banten, bertempat di Auditorium Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang.

Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Arys Hilman mengatakan bahwa ditunjuknya Banten menjadi tuan rumah penyelenggaraan festival Hari Buku Nasional 2021 karena dilihat dari sejarah.

Menurutnya, Banten memiliki tokoh-tokoh literasi di masa lalu yang cukup berpengaruh seperti Syekh Nawawi Al-Bantani dan Husein Jayadiningrat.Banten memiliki sejarah terkait literasi dengan tokoh-tokohnya terdahulu.

“Persiapan Festival Hari Buku Nasional tinggal menghitung hari, kami ingin kesempatan tersebut tidak dilewatkan dan diharapkan tingkat partisipasi penerbit meningkat, ” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (20/5).

Baca Juga: MUI Minta Prabowo Jadikan Isu Palestina Masuk Program 100 Hari Pertama

Arys mengatakan, selain pameran buku, kegiatan tersebut juga menghadirkan sejumlah penulis seperti Nidu Paras Erlang yang berhasil meraih penghargaan Katulistiwa Literary Award 2020, Akmal Nasery Basral, Gol A Gong hingga Pidi Baiq.

“Festival juga akan menghadirkan Duta Baca Indonesia dan penulis novel Dilan,” ujarnya.

“Dengan semangat penguatan buku-buku muatan lokal, acara ini juga menghadirkan karya-karya dari semua provinsi baik melalui kegiatan seminar secara daring maupun pameran melalui platform IKAPI Store,” katanya.

Acara lainnya adalah diskusi dengan pegiat literasi Banten, penampilan seni dari berbagai komunitas dan diskusi mengenai Undang-Undang Sistem Perbukuan Nasional yang akan dihadiri oleh IKAPI, anggota DPR RI, Wakil Gubernur Banten, dan pelaku Perbukuan,” ucapnya.

Baca Juga: Personal Branding Jurnalis Diperlukan di Era Medsos

Selain itu, Rektor Untirta Prof Fatah Sulaiman mengatakan, festival Hari Buku Nasional 2021 menjadi pengingat akan kontribusi tokoh-tokoh di Banten seperti Syekh Nawawi Al-Bantani dan Husein Jayadiningrat dalam dunia literasi.

“Kami berharap kegiatan tersebut dapat mengingatkan perjuangan tokoh-tokoh di Banten dalam dunia literasi,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk terlibat dalam aksi sejuta buku yang nantinya akan disebarkan ke perpustakaan dan taman bacaan masyarakat.(L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Workshop Jurnalism MINA, Wartawan Era Digital harus Multifungsi

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Sosok
Masjid Agung Banten
Feature