Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Festival Hari Sinema Palestina Tampilkan 60 Film

Hasanatun Aliyah - Selasa, 2 November 2021 - 05:12 WIB

Selasa, 2 November 2021 - 05:12 WIB

1 Views

Ramallah, MINA – Festival Hari Sinema Palestina (Palestine Cinema Days) tahun 2021 edisi ke-8  diselenggarakan   di enam kota di Palestina, pada 3-8 November, yang akan menampilkan 60 film Palestina.

“Hari Sinema Palestina tahun ini akan dibuka di Istana Budaya, Ramallah, dengan pemutaran film nominasi Oscar 2022 berjudul “The Stranger” (Al-Gharib), oleh pembuat film Ameer Fakher Eldin dari Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki,” menurut siaran pers, seperti dikutip dari Wafa, Senin (1/11).

Sebanyak 60 film akan ditampilkan yaitu film fiksi, dokumenter dan film pendek yang dipilih dengan cermat, menyatukan para penggemar sinema di enam kota Palestina di Ramallah, Yerusalem, Betlehem, Gaza, Haifa, dan Nazareth.

Festival film edisi ke-8 akan menampilkan produksi seni dan independen Palestina serta narasi yang kaya dan berani dari sinema Arab dan internasional. Mencerminkan kegiatan Filmlab sepanjang tahun, dan dalam semangat yang sama untuk meningkatkan budaya sinema di Palestina, sederet film khusus juga akan ditampilkan untuk generasi muda.

Baca Juga: Pejuang Palestina Rebut Senjata Tentara Israel di Yaffa

Selain pemutaran film, diadakan juga sesi tanya jawab dan kelas master dengan pembuat film, menciptakan ruang unik untuk diskusi tentang film, dan membangun dialog budaya dan kerja sama film antara Palestina dan dunia.

Menciptakan ruang untuk seni, kreativitas, dan inovasi, setelah tahun kelima berturut-turut, tiga Kompetisi Sunbird terus menjadi bagian penting dari Hari Sinema Palestina. Ketiga bagian kompetitif ini bertujuan untuk menyoroti film pendek baru terbaik, film dokumenter berdurasi panjang, dan proyek film pendek yang menjanjikan terkait dengan Palestina.

Sementara itu, Pertemuan Film Palestina (PFM)  ke-4 merupakan platform industri festival, juga akan diadakan bersamaan dengan kegiatan Hari Sinema Palestina 2021.

PFM adalah platform jejaring unik untuk para profesional film internasional, Arab, dan Palestina yang menghadiri Hari Sinema Palestina. Ini bertujuan untuk meningkatkan industri film Palestina dan menghubungkannya dengan industri film global.

Baca Juga: Abu Ubaidah: Seluruh Pejuang Bersatu di Langit Palestina

PFM 2021 akan menjelaskan komposit yang mempengaruhi roda produksi film. Ini juga akan mengeksplorasi kebijakan dan mekanisme kerja yang diperlukan untuk mendorong industri ini maju di Palestina dan mengkonsolidasikan pekerjaan berbagai pemangku kepentingan.

Didirikan pada tahun 2014 oleh FilmLab Palestine, Palestine Cinema Days adalah platform pertama dan satu-satunya untuk sinema Palestina yang memiliki peran utama dalam memperkuat industri perfilman Palestina, membina bakat-bakat lokal dan memiliki peran utama dalam memperkuat industri perfilman Palestina hingga kancah perfilman internasional.(T/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Ratusan Rudal Iran Lintasi Wilayah Udara Yordania

Rekomendasi untuk Anda

Breaking News