Festival Lampion Taiwan ke-35 Digelar di Kota Tua Tainan

maskot lampion "Naga Datang ke Taiwan" yang merupakan tema utama Festival tahun ini, dengan ketinggian 18 meter dan tinggi total 22 meter termasuk alasnya. (Foto:Astuti/MINA).

, , MINA – Festival Lampion ke-35 Taiwan resmi digelar di Kota Tainan pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Tahun ini, akan berlangsung mulai tanggal 25 Februari-10 Maret, dengan memamerkan lebih dari 300 karya seni lampion. Demikian wartawan MINA Sri Astuti melaporkan dari Tainan.

Festival ini digelar di kota berbeda setiap tahun. Kota tua Tainan, yang merupakan bekas ibu kota kuno Taiwan kembali terpilih menjadi tuan rumah setelah jeda selama 16 tahun.

Tahun 2024 juga menjadi perayaan 400 tahun berdirinya Tainan sebagai kota. Untuk itu Festival ini bertujuan menggambarkan kemegahan Ibukota Kuno Tainan dengan tema Glorious Tainan.

Festival Lentera Taiwan tahun ini menampilkan dua area pameran utama yaitu “Area Lentera Kereta Berkecepatan Tinggi” dan “Area Lentera Anping”.

“Area Lentera Kereta Berkecepatan Tinggi” terdiri dari tujuh zona pameran besar di sekitar stasiun kereta cepat, menampilkan maskot lampion “ Datang ke Taiwan” yang merupakan tema utama Festival tahun ini. Lampion dengan ketinggian 18 meter dan tinggi total 22 meter termasuk alasnya dirancang dan diproduksi oleh seniman terkenal Peng Li-chen. Area ini juga menpilkan berbagai tema lampion lainya.
Sedangkan “Area Lentera Anping” terletak di Taman Lin Mo Niang, Dermaga Rekreasi Anping dan di sepanjang Kanal Anping, mengangakat tema “Tainan 400″ dan ” Sungai sejarah Cahaya”.

Selain prosesi tradisional yang menampilkan peluit, kendang, dan gong besar saat upacara pembukaan. Lentera yang ditampilkan juga secara kreatif memadukan gaya tradisional, adat istiadat dan cerita rakyat, memberikan tontonan yang hidup dan penuh warna melalui kombinasi tradisional dan teknologi mutakhir.

Administrasi , Kementerian Perhubungan dan Komunikasi Taiwan mengundang seluruh pengunjung internasional untuk hadir ke Festival Lentera Taiwan 2024 mulai 25 Februari hingga 10 Maret, pukul 18:00 hingga 21:00 waktu setempat.

Pengunjung hanya perlu menunjukkan paspor atau bukti akses (tiket) masuk dan akan mendapatkan souvenir lampion naga edisi terbatas secara gratis. Setiap orang berhak mendapatkan satu kali penukaran, selama persediaan masih ada.

Di komunitas Tionghoa, Festival Lampion dirayakan pada hari ke-15 kalender lunar atau dikenal sebagai “Tahun Baru Kecil”. Tradisi penting saat Tahun Baru ini melibatkan warga untuk menggelar berbagai perayaan dengan jenis dan skala berbeda selama Festival Lampion ini. (L/R7/ P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.