Festival Seni Budaya Taiwan Pukau Warga di Jakarta

Jakarta, MINA – Pertunjukan seni dan budaya Perayaan Festival Musim Semi 2019 (2019 Lunar New Year Goodwill Mission) yang digelar di Jakarta, Selasa malam (5/3), memukau ribuan warga diaspora Tiongkok yang ikut menyaksikannya.

Acara dalam rangka ikut menyemarakkan tahun baru imlek dan menyongsong festival musim semi ini, digelar Kantor Perwakilan Ekonomi dan Dagang Taiwan (Taipei Economic and Trade Office – TETO) bersama Asosiasi Pengusaha Taiwan di Jakarta dan Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Jakarta.

Wakil Menteri Komite urusan Komunitas Warga Diaspora Tionghoa (Overseas Community Affairs Council – OCAC) Taiwan Kao Chien-Chih memimpin rombongan Delegasi Seni dan Budaya Perayaan Festival Musim Semi yang terpilih untuk tampil pada tahun ini, yakni Rombongan Akrobatik Taiwan dari Sekolah Tinggi Seni Pertunjukan Nasional Taiwan.

Dia mengharapkan, pertunjukan dalam Festival Musim Semi Taiwan ini dapat meningkatkan pertukaran seni dan budaya antarnegara melalui pertunjukan akrobatik yang dikombinasikan dengan aneka tarian, seni, drama, dan berbagai bentuk pertunjukan lainnya yang kaya akan ragam multikulturalisme Taiwan.

“Pertunjukan ini adalah kebudayaan Tiongkok, termasuk budaya-budaya lokal yang termasuk adalah budaya kearifan dari suku-suku minoritas dari Taiwan yang menunjukkan akulturasi budaya dari suku Tiongkok,” ungkap Kao.

Berbagai tarian akrobatik tradisional Taiwan ditunjukkan di hadapan warga diaspora Taiwan dan para anggota dari organisasi paguyuban pengusaha Taiwan maupun paguyuban lokal.

Kepala TETO John Chen mengharapkan pertunjukan ini dapat menjalin kerja sama yang lebih erat lagi dengan Tanah Indonesia yang sangat kaya dengan kesenian dan kebudayaan.

“Melalui pertunjukan yang spektakuler ini, kami berharap dapat memperdalam pemahaman dan terjalin rasa persahabatan antara warga Diaspora Tionghoa di Indonesia dengan masyarakat Taiwan, bersama-sama merasakan semangat yang energik serta kehangatan masyarakat Taiwan yang penuh ceria,” ujarnya.

Rombongan Delegasi Seni dan Budaya Perayaan Festival Musim Semi yang dipimpin Kao melakukan tur pertunjukannya di 13 kota di delapan negara Asia dan Oceania, 12 Februari – 12 Maret 2019.

Saat ini, rombongan Delegasi Seni dan Budaya Perayaan Festival Musim Semi Taiwan telah tampil dengan lancar dan mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi di enam negara yakni Jepang, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Malaysia.

Rombongan ini akan melakukan tiga pertunjukan di Indonesia. Selain di Jakarta, mereka telah menyelesaikan pertunjukan di Medan pada 3 Maret 2019, dan akan tampil di Kota Bandung pada 7 Maret 2019 mendatang. (L/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)