SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Festival UMKM Nusantara Meriahkan Festival Gurindam ASEAN 2022

Rana Setiawan - Jumat, 16 Desember 2022 - 22:37 WIB

Jumat, 16 Desember 2022 - 22:37 WIB

0 Views

Jakarta, MINA – Festival UMKM Nusantara 2022 hadir dalam rangkaian kegiatan Festival Gurindam ASEAN 2022 pada Jumat-Ahad, 16-18 Desember 2022 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.

Vice Project Officer Festival UMKM Nusantara 2022, Al-Fadhly Ghiffari Rizkana, menjelaskan, Festival UMKM Nusantara yang mengusung tema ‘Restore the Economy, Bring Back the Activity’ ini melibatkan lebih dari 30 UMKM dengan berbagai segmentasi pasar.

“Bermodal semangat pemulihan ekonomi nasional yang terdampak sejumlah faktor pelemahan, salah satunya karena pandemi Covid-19, Festival akan menjangkau berbagai macam segmentasi pasar, mulai dari Food and Beverage, Pakaian, Craft dan lain sebagainya,” kata Al-Fadhly saat Temu Media Festival Gurindam ASEAN 2022 di panggung utama Festival UMKM NUsantara Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (16/12).

Dia juga menyampaikan, Festival UMKM Nusantara juga menghadirkan rangkaian program menarik, seperti ASEAN Gurindam Festival (Penerimaan Anugrah Rekor MURI), lomba baca dan menyanyi Gurindam, lomba menyanyi daerah, workshop kerajinan tangan, pasar pangan murah, parade seni dan budaya serta hiburan live music session di pelataran Taman Ismail Marzuki ini.

Baca Juga: Bank Muamalat-UIN Sultan Maulana Hasanuddin Kerja Sama Layanan Perbankan

Festival Gurindam ASEAN 2022 yang digelar Perkumpulan Rumah Seni Asnur (PERRUAS) pada Jumat-Ahad, 16-18 Desember 2022 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.

Project Manager Festival Gurindam ASEAN, Putri Thania menjelaskan, festival selama tiga hari ini dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti Festival UMKM Nusantara, pameran lukisan, konser puisi multimedia Gurindam Kataraga, parade baca Gurindam bersama Anggota DPD RI, Puncak Festival Gurindam ASEAN dan Malam Anugerah.

“Festival ini merupakan acara puncak dalam menyemarakkan gurindam. Kegiatan ini dimulai dari menulis buku Kumpulan Gurindam Kalbu ASEAN yang diikuti oleh 1.250 penulis beberapa negara ASEAN, diantaranya Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand,” pungkas Putri.

Perkumpulan Rumah Seni Asnur (PERRUAS) merupakan sebuah organisasi pendidikan, pelatihan dan penyelenggaraan
kegiataan sastra dan budaya di bawah asuhan seniman dan penyair terkemuka Indonesia bernama Asrizal Nur.

Baca Juga: 10 Provinsi dengan Penduduk Paling Gemar Membaca

Untuk membangun kepedulian masyarakat akan sastra dan budaya, Perruas dari tahun 2017 hingga sekarang mengawali pelatihannya pada tenaga pendidik terlebih dahulu. Adapun anggota aktif Perruas mencapai 3.000 terdiri dari seluruh Indonesia dan Asean.(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: BWA Distribusikan Al-Quran Wakaf Tahap Tiga di Jawa Barat

Rekomendasi untuk Anda

Slideshow
Indonesia
Indonesia
Internasional
Pendidikan dan IPTEK