FIFA Matchday: Timnas Indonesia Akan Uji Coba Hadapi Palestina di Jakarta

Jakarta, MINA – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan akan menjalani uji coba FIFA Matchday melawan pada 14 Juni mendatang yang berpeluang diselenggarakan di Stadion Utama Gelanggang Olahraga Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Palestina saat ini mendududuk ranking 93 FIFA, sedangkan Indonesia ranking 151.

“Saya sudah komunikasi dengan Presiden Federasi Sepak Bola Palestina [PFA] dan mereka sudah setuju untuk laga FIFA Matchday pada 14 Juni 2023,” ujar Erick Thohir dalam keterangan pers PSSI yang dikutip MINA, Selasa (21/3).

PFA melalui Sekjen Firas Abu Hilal sudah mengirimkan surat balasan ke PSSI tentang kesediaan mereka melakukan laga FIFA Matchday pada 14 Juni mendatang.

“Mereka [PFA] juga sudah mengirim surat resmi ke PSSI tentang kesediaan untuk melakukan satu pertandingan,” ujar Erick.

Langkah PSSI memastikan uji coba Indonesia vs Palestina sejalan dengan rencana Erick Thohir yang menginginkan calon lawan Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday sudah ditentukan dalam jangka panjang.

“Jadi PSSI jauh-jauh hari sudah merencanakan untuk menjalani laga FIFA Matchday. Ini yang benar. Nah komunikasi terus dilakukan oleh kesekretariatan PSSI untuk laga-laga selanjutnya. Jika sudah ada update pada laga lainnya, kami akan beritahukan,” ucap Erick.

Sebelum melawan Palestina, Timnas Indonesia dijadwalkan menjalani uji coba melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret di Stadion Patriot, Bekasi.

Dengan Piala Dunia U-20 2023 digelar 20 Mei hingga 11 Juni mendatang, maka FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Palestina berpeluang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

FIFA Matchday adalah sebuah ajang uji coba resmi yang diselenggarakan oleh FIFA untuk negara-negara anggota Sebagai ajang uji coba resmi yang diakui oleh FIFA, masing-masing tim nasional dapat memanggil para pemainnya, termasuk para pemain yang berkarier di luar negeri.

Ajang FIFA Matchday merupakan salah satu ajang yang dapat menambah poin bagi tim nasional. Poin-poin ini memengaruhi peringkat tim nasional menurut FIFA. Di ajang uji coba ini, tim nasional mendapat kesempatan untuk mencoba taktik dan pola permainan yang cocok. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.