FILIPINA BUKA RUMAH POTONG HEWAN HALAL PERTAMA

Daging bersertifikat halal. (foto: AbnaNews)
Daging bersertifikat halal. (foto: AbnaNews)

Cotabato City, Filipina, 27 Jumadil Akhir 1436/16 April 2015 (MINA) – Departemen Luar Negeri Filipina menyatakan pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) bersertifikat halal pertama negara itu hampir selesai dan segera beroperasi.

Fasilitas perintis, yang terletak di Cotabato City, memiliki kapasitas pemotongan 15 ekor sapi, 10 ekor kerbau dan 40 kambing setiap jam, didanai dalam program pengembangan ternak Departemen Pertanian dan Peternakan Filipina.

RPH itu diharapkan dapat menyediakan produk-produk daging halal bagi Muslim dan konsumen non-Muslim di Cotabato, Mindanao Tengah dan bahkan daerah lainnya, Badan Informasi Filipina melaporkan sebagaimana berita IINA yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

“Ada potensi untuk memasok BIMP-EAGA (Brunei, Indonesia, Malaysia dan Filipina–Area pertumbuhan ASEAN Timur), jadi saya mendorong para pemangku kepentingan untuk duduk bersama-sama dan menghasilkan program ternak Halal,” kata Sekretaris Departemen Pertanian dan Peternakan Filipina, Proceso Alcala.

Alcala menegaskan, tim khusus akan memeriksa ternak untuk memudahkan dalam menyusun program yang dapat masuk dalam anggaran Departemen Pertanian dan Peternakan Filipina 2016.

Sebagai wilayah Muslim juga merupakan konsumen besar daging ayam, Sekretaris Alcala juga awalnya mendukung permintaan dokter hewan setempat untuk membangun peternakan pengolahan unggas Halal. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0