Film Karya Jurnalis Palestina Mendapatkan Penghargaan di Istanbul

Istanbul, MINA – Film berjudul ‘Between Two Crossings’ karya Yaser Murtaja, seorang juru kamera Palestina yang syahid mendapatkan penghargaan medali perak acara bernama Media Creativity Award for Palestine di Istanbul, Turki, pada Sabtu (17/11).

Film tersebut menampilkan penderitaan warga Gaza setiap harinya karena blokade Israel. Demikian dikutip dari Anadolu Agency (AA).

Penghargaan ini diberikan sebagai bagian dari konferensi besar yang dimulai di kota Turki yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bagi perjuangan Palestina.

Diselenggarakan oleh Forum Internasional Palestina untuk Media dan Komunikasi yang berbasis di Beirut. Konferensi dua hari tersebut bertema “Palestina Mengatasi Dunia”, menyatukan ratusan jurnalis, akademisi dan penulis dari sekitar 60 negara di seluruh dunia.

Murtaja mengajukan film tersebut beberapa bulan sebelum pria berusia 30 tahun tersebut ditembak mati oleh penembak jitu tentara Israel bulan April lalu, saat melakukan liputan dalam protes yang digelar setiap Jumat di jalur Gaza atau dikenal Great Return March.

Sejak akhir Maret, lebih dari 200 warga Palestina telah meninggal dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan tentara Israel selama protes anti-pendudukan dekat perbatasan Jalur Gaza. (T/Sj/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)