Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

FKM-BP Lakukan Pra Safari Politik Pembebasan Al-Aqsa di Lima Kota

Arina Islami Editor : Widi Kusnadi - Jumat, 13 September 2024 - 21:31 WIB

Jumat, 13 September 2024 - 21:31 WIB

20 Views

Forum Komunikasi Mahasiswa Bela Palestina (FKM-BP) saat melaksanakan Pra Safari Politik Pembebasan Al-Aqsa di Malang, Jawa Timur pada 7 September 2024. [Foto: FKM-BP]

Bogor, MINA – Forum Komunikasi Mahasiswa Bela Palestina (FKM-BP) melaksanakan Pra Safari Politik Pembebasan Al-Aqsa di lima kota besar, yakni Malang, Surabaya, Gresik, Lamongan, dan Yogyakarta, mulai tanggal 6-14 September 2024.

Dalam rangkaian kegiatan itu, FKM-BP menyuarakan keresahan mahasiswa Indonesia terhadap isu Palestina yang memiliki ikatan sejarah penting dengan Indonesia.

Melansir keterangan tertulisnya, melalui kegiatan itu, mahasiswa tidak hanya menyuarakan solidaritas, tetapi juga menggali kembali sejarah hubungan erat antara Palestina dan Indonesia yang menjadi landasan kuat dalam perjuangan bersama untuk kebebasan Palestina.

Ketua FKM-BP, Namsianto Wakhid menegaskan bahwa keresahan mahasiswa Indonesia terhadap isu Palestina tidak lepas dari peran bersejarah Palestina dalam mendukung kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Setahun Pascakebakaran, Museum Nasional Akan Buka Lagi 15 Oktober

“Pada tahun 1945, Palestina menjadi negara pertama yang secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia, meskipun pada saat itu Palestina berada di bawah mandat Inggris. Dukungan ini merupakan bentuk solidaritas awal yang tak terlupakan, dan sejak saat itu, hubungan Indonesia-Palestina selalu dibangun di atas prinsip persaudaraan dan perlawanan terhadap penjajahan,” ujar Namsianto, mengutip keterangan yang diterima MINA di Bogor, Jumat (13/9).

Menurut FKM-BP, sejarah itu terus mengikat Indonesia dan Palestina dalam satu ikatan moral, di mana bangsa Indonesia, yang pernah merasakan pahitnya penjajahan, memiliki kewajiban untuk mendukung rakyat Palestina yang hingga kini masih berjuang melawan pendudukan Israel.

Hal ini selaras dengan amanat Pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa “penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Melalui Pra Safari Politik Pembebasan Al Aqsa, FKM-BP menegaskan kembali dedikasi mereka untuk terus berjuang lewat berbagai cara agar kemerdekaan Palestina dapat diraih.

Baca Juga: Usai Direvitalisasi, Masjid Agung Batam Resmi Dibuka untuk Umum

“Kami, mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam FKM-BP, berkomitmen untuk terus berjuang melalui jalur edukasi, advokasi, dan aksi nyata agar Palestina dapat meraih kemerdekaannya. Ini bukan hanya soal wilayah, tetapi soal hak asasi manusia yang harus dihormati oleh semua negara,” ujar Namsianto.

Selain itu, FKM-BP juga membuka ruang yang besar bagi seluruh mahasiswa yang belum tergabung untuk ikut ambil bagian dalam perjuangan ini.

“Kami mengajak seluruh mahasiswa Indonesia yang peduli terhadap isu Palestina untuk bersama-sama bergabung dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina. FKM-BP adalah ruang bagi semua pihak yang memiliki visi yang sama, dan bersama-sama kita bisa membuat perubahan yang berarti,” pungkas Namsianto.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Gelar Festival Urban Farming

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Renungan Al Quran
Palestina
Tausiyah
Indonesia
Indonesia
MINA Health
MINA Preneur