Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Forum Jurnalis Muslim Gelar Orientasi Anggota Baru Angkatan I

kurnia - Ahad, 1 Maret 2020 - 18:12 WIB

Ahad, 1 Maret 2020 - 18:12 WIB

3 Views ㅤ

(Foto: MINA/Kurnia)

Jakarta, MINA – Forum Jurnalis Muslim (Forjim) mengadakan Orientasi Anggota Baru Angkatan I  yang didukung penuh oleh Laznas Dewan Dakwah, diselenggarakan di Gedung Menara Dakwah, Jl Kramat Raya 45, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2).

Ketua Pelaksana Orentasi Ichsan Marsha mengungkapkan, keinginan para jurnalis untuk mengikuti Orientasi Anggota Baru Forjim sangat bersemangat. Terbukti puluhan orang yang mendaftar untuk mengikuti Orientasi ini dan berasal dari Aceh hingga Maluku.

“Terus terang kami sampai repot sebab, pendaftar Orentasi ini dari Aceh, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai Maluku. Akhirnya untuk mempermudah, pada angkatan pertama ini kita panggil saja pendaftar yang dari Jakarta, Bekasi, Depok dan Bogor saja,” kata Ichsan.

Orientasi Anggota Baru Forjim diisi dengan dua materi utama. Stadium General yang disampaikan oleh wartawan senior Tjahja Gunawan Diredja dan pengenalan Forjim yang disampaikan oleh Ketua Umum Dudy Sya’bani Takdir. Sebelumnya materi pengantar dari wartawan senior sekaligus Deputi Direktur Laznas Dewan Dakwah, Nurbowo.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong TNI Tingkatkan Kapasitas, Profesionalitas

Sementara Ketua Umum Forjim Dudy Sya’bani Takdir menyampaikan tentang  sejarah Forjim hingga kode etik jurnalis. Termasuk cita-cita ke depan Forjim.

Forjim dalam proses bermetamorfosa dari sebuah komunitas wartawan menjadi sebuah organisasi profesi jurnalis. Kita ingin suatu saat Forjim menjadi organisasi yang terakreditasi di Dewan Pers,” kata Dudy.

Untuk mengejar cita-cita tersebut, kata Dudy, secara keorganisasian Forjim telah menyiapkan berbagai perangkat administratif. Sementara terkait keanggotaan dan pengurus daerah, Forjim akan terus melakukan rekrutmen dan pembentukan pengurus-pengurus di wilayah dan daerah.

“Orientasi anggota ini sebagai wujud dari upaya kami untuk menambah anggota sekaligus sebagai wujud kaderisasi untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Forjim,” kata Dudy.

Baca Juga: Milad ke-61, UIN Ar-Raniry Gelar Zikir dan Doa Bersama

Ia juga mengatakan, secara internal Forjim akan terus melakukan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas anggotanya dalam peliputan dan penulisan.

Untuk eksternal, Forjim akan terus melakukan pembinaan melalui program One Masjid One Journalist (OMOJ) dan kegiatan-kegiatan advokasi keumatan lainnya. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Felix Siauw: 7 Oktober Mengubah Pandangan Dunia

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Kolom
MINA Preneur
Internasional
Internasional