Freedom Flotilla Kembali Aktifkan Upaya Akhiri Blokade Gaza

London, MINA – Freedom Flotilla, Aliansi Internasional Armada Kebebasan, Senin (7/11) menyatakan dimulainya upaya mengakhiri blokade Gaza bersama sejumlah organisasi rakyat internasional, termasuk perjalanan mengunakan kapal laut ke Gaza.

Hal itu disampaikan usai pertemuan yang digelar aliansi di ibukota Inggris, London, untuk mendiskusikan rencana aksi tahun 2023 dengan kembali melanjutkan upaya mengakhiri blokade Gaza, Palinfo melaporkan.

Ketua Komite Internasional Untuk Akhiri Blokade Gaza, Zaher Birawi menyatakan, kapal-kapal solidaritas sempat terhenti beberapa waktu lalu disebabkan wabah Covid 19.

Komite Internasional dan sejumlah organisasi anggota aliansi akan mengefektifkan kembali upayanya dan memperluas jaringan kerja sama dengan sejumlah organisasi massa internasional.

Selain itu, rencana aksi mencakup kampanye media, politik dan sosial untuk menyoroti persoalan blokade Gaza agar kembali menjadi perhatian publik di dunia.

Baca Juga:  Pasca Haji 2024, Saudi Buka Umrah Lebih Cepat dan Tanpa Vaksin Meningitis

Forum Palestina di Inggris tersebut dihadiri wakil aliansi internasional dari Swedia, Norwegia, Perancis, Spanyol, Itali, New Zeland, Malaysia, Turki, Kanada, Amerika Serikat dan Afrika Selatan.

Armada Kebebasan sebelumnya telah menggelar beberapa perjalanan laut untuk mengakhiri blokade Gaza, namun dihadang oleh pasukan zionis Israel dan tidak bisa sampai ke Gaza, termasuk Kapal Mavi Marmara pada 2010.

Kapal Mavi Marmara menjadi sasaran serangan Israel yang menyebabkan puluhan orang relawan meninggal dunia. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf