Galeri Haji di Gedung Kemenag Diharapkan Jadi Museum

Jakarta, MINA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi adanya Galeri Haji yang didesain pada koridor lantai 5 gedung Kementerian Agama.

“Mini museum ini keren sekali. Luar biasa dalam memberikan edukasi ke umat. Saya berharap ini bisa dikembangkan menjadi museum. Dicarikan tempat khusus agar bisa dikembangkan dengan baik,” ujar Menag saat meninjau galeri haji demikian dikutip dari website kemenag, Rabu (20/1).

Dalam kunjugan itu, Hadir juga Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi. Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman beserta jajarannya dan tim manajemen krisis.

Galer Haji menyajikan foto dan ilustrasi yang menggambarkan sejarah perjalanan haji di Indonesia. Tersaji juga foto-foto Presiden RI, mulai dari Presiden Soekarno, saat menunaikan ibadah haji, mengenakan kain ihram di Arafah.

Menurutnya, keberadaan galeri atau nantinya menjadi museum, sangat baik sebagai sarana edukasi publik. Dengan adanya galeri ini, masyarakat bisa memahami lini masa perjalanan haji, berikut dinamika peningkatan kualitas layanannya.

“Kalau dibanding dengan pelayanan sekarang tentu yang sekarang lebih baik. Jamaah haji yang masih merasa kurangnya pelayanan saat berhaji, harus melihat foto-foto ini,” katanya.

“Kami akan memberikan support penuh dalam pengembangan galeri haji di gedung Kementerian Agama ini supaya manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” lanjutnya.

Sementara itu, Plt. Ditjen Penyelenggara Haji dan Umran (PHU) Oman Fathurahman mengungkapkan, galeri haji dikembangkan dengan konsep yang sarat nilai edukatif.

Galeri tersebut, memiliki nilai sejarah yang tinggi serta merekam dinamika perbaikan dalam segala aspek penyelenggaraan ibadah haji.

Oman berharap, dengan adanya support dari semua pihak galeri haji dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Untuk diketahui, Galeri Haji dikembangkan dalam dua tahap. Galeri haji kali pertama dibangun pada 2019. Galeri tersebut kemudian dikembangkan lagi pada tahap kedua, tahun 2020.

Galeri ini akan terus dikembangkan hingga menjadi museum. Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sedang menyiapkan pembangunan museum haji di Asrama Haji Indramayu. (R/Hju/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)