GAZA ADAKAN PAMERAN PERINGATI NAKBAH

Gaza City, 14 Rajab 1435/13 May 2014 (MINA) – Kementrian Kebudayaan Palestina bekerja sama dengan beberapa organisasi kebudayaan setempat adakan pameran peringati hari Nakbah.

Pameran bertajuk ‘Kami Pulang Wahai Kampung Halaman’ diselenggarakan pada, Senin (12/5), adalah sebuah peringatan pengusiran bangsa Palestina oleh Israel pada tahun 1948 atau yang disebut dengan Nakbah (hari kehancuran).

Penanggung jawab acara tersebut Abdul Qadir Najali, mennyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk menegaskan kembali hak rakyat Palestina dan tanah air mereka.

“Pameran ini mengandung pesan yang sangat jelas yang ditujukan kepada dunia internasional dan negara-negara yang merasakan kemerdekaan bahwa perjuangan merebut kembali hak-hak rakyat Palestina harus terus berlangsung,” ungkap penanggung jawab acara tersebut, Abdul Qadir Najali kepada Miraj Islamic News Agency.

Berbagai produk-produk budaya tradisional Palestina, seperti pakaian, peralatan memasak, juga dipamerkan disana. Selain itu para pekerja seni juga ikut berperan dalam pameran tersebut, mereka membuat karikatur, miniatur masjid Al Aqsha, miniatur peta palestina dan lainnya.

Tahun ini merupakan tahun ke 66 peringatan terusirnya rakyat palestina dari tanah kelahirannya. Setiap tahunnya mereka memperingati hari terusirnya untuk senantiasa mengingatkan anak cucu rakyat Palestina, bahwa mereka adalah pemilik dari tanah yang saat ini sedang dijajah oleh Israel itu. (L/KJ/P015/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0