Gaza Gelar Shalat Jumat Pekan Kedua di Sejumlah Masjid

(Foto: Al Jazeera)

Gaza, MINA – Warga Gaza menunaikan shalat Jumat pekan kedua secara berturut-turut, sesuai prosedur preventif dan aturan yang ditetapkan dalam shalat Jumat lalu dan shalat Ied.

Koresponden Pusat Informasi Palestina melaporkan, warga Palestina menunaikan shalat Jumat di sejumlah masjid pada Jumat (29/5), sesuai prosedur yang diumumkan kementerian wakaf.

Disebutkan bahwa para jamaah memperlihatkan komitmen terhadap prosedur kesehatan.

Kementrian wakaf dan urusan agama di Gaza, menegaskan pentingnya prosedur preventif corona.

Kementerian wakaf terus melakukan penilaian menyeluruh setelah berakhirnya shalat Jumat lalu dan shalat Ied, dengan hasil postif, dan komitmen tinggi yang dilakukan para jamaah terhadap keputusan kementerian, untuk melanjutkan shalat Jumat dan membuka masjid di fase ini.

Kementerian meminta warga agar komitemen menjaga prosedur keselamatan dan preventif. Membawa sajadah untuk sholat, menjaga jarak, tidak bersalaman atau berpelukan, serta memakai masker khusus yang telah dibagikan Jumat lalu, terbuat dari kain dan bisa digunakan beberapa kali setelah dicuci, juga komitmen pada instruksi komite penanggulangan dan lainnya.

Dijelaskan bahwa dengan komitmen pada prosedur preventif untuk melanjutkan ibadah Jumat merupakan kewajiban syariat yang tak boleh diabaikan, dengan waktu khutbah selama 10 menit, dan para khotib diminta komitmen untuk itu.

Kementerian wakaf menegaskan, keringanan menunaikan shalat Jumat diganti dengan dhuhur di rumah tetap berlaku, yaitu bagi mereka yang khawatir terhadap kesehatannya, dan menyerukan kepada mereka yang sakit, para wanita, anak-anak dan lansia untuk mengganti shalat Jumat dengan dhuhur di rumah.

Disebutkan juga bahwa tempat wudhu dan toilet masjid akan tetap ditutup.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)