Gaza Terima Bantuan Alat PCR Corona dari Kuwait

Gaza, MINA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Palestina di menerima sejumlah alat pemeriksa virus corona, Polymerase Chain Reaction (PCR) dari lembaga kemanusiaan Mercy International Foundation, Kuwait.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan di Gaza, Ashraf al-Qidra mengatakan, lembaga tersebut juga menyumbangkan sekitar lima kantong bahan deteksi Corona, termasuk 500 buah Reagen.

Dengan kedatangan alat uji coron tersebut, maka kini ada dua perangkat PCR di Pusat Laboratorium Gaza. Demikian dikutip dari Pusat Informasi Palestina (Palinfo), Rabu (15/4).

Tes PCR dilakukan dengan pengambilan spesimen lendir menggunakan swab di hidung dan tenggorokan. Pemeriksaan menggunakan PCR adalah metode yang paling akurat dalam mendeteksi virus SARS-COV2.

Sebelumnya, Kemenkes Palestina di Jalur Gaza pada Sabtu (11/4) memperingatkan tentang keseriusan situasi kesehatan yang terjadi di Jalur Gaza menyusul habisnya alat deteksi virus corona di laboratorium. Ia menyerukan langkah-langkah mendesak untuk segera menyediakan alat itu.

Sementara itu, Gaza mengkonfirmasi 13 kasus baru virus corona, sedangkan delapan pasien dinyatakan sembuh. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.