Gedung Putih Akan Jadi Saksi Normalisasi UEA-Israel

New York, MINA – Peresmian kesepakatan normalisasi antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel akan digelar di Gedung Putih pada 15 September mendatang, seperti ditegaskan sejumlah sumber Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Acara peresmian akan digelar di bawah pengawasan Presiden AS Donald Trump, yang akan dihadiri delegasi Israel dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan delegasi UEA dipimpin Menlu Abdullah bin Zayed, demikian Pusat Info Palestina melaporkan.

Pejabat tinggi di Gedung Putih yang tak mau disebutkan namanya pada Kamis (10/9) mengatakan, Presiden Trump akan memfasilitasi peresmian kesepakatan diplomasi bersejarah, yaitu normalisasi antara Israel dan Emirat pada 15 September mendatang.

Dengan peresmian ini, UEA menjadi Negara Arab ketiga yang melakukan hubungan diplomasi dengan Israel, setelah Mesir tahun 1979 dan Yordania tahun 1994.

Penandatanganan dilakukan sebulan setelah deklarasi normalisasi antara Abu Dhabi dan Tel Aviv, pada 13 Agustus lalu.

Kesepakatan normalisasi mendapat kecaman luas dari faksi-faksi dan pimpinan Palestina, mereka menganggap UEA berkhianat dan menikam perjuangan bangsa Palestina. (T/R2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)