Gempa 4,2 SR Goncang Pekalongan, Getaran Hingga Banjarnegara

Tembok bangunan roboh di Kalibening Banjarnegara akibat gempa 4,2 SR yang berpusat di Tenggara Pekalongan (Foto: Istimewa)

Pekalongan, MINA – Gempa bumi berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (18/4) sekira pukul 13.28 WIB dan guncangan terasa sampai ke wilayah Kabupaten Banjarnegara, seperti diinformasikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Gempa terjadi pada pukul 13.28 WIB dan berlokasi di 19 kilometer Tenggara Kabupaten Pekalongan,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayudhie, seperti dilaporkan Antara.

Menurutnya, pihaknya menrima beberapa laporan bahwa guncangan dirasakan hingga ke Banjarnegara meski intensitas lemah. Sementara wilayah di sekitar Pekalongan belum ada laporan adanya korban.

“Gempa ini gempa tektonik dengan kedalaman dangkal sekitar 10 kilometer yang berlokasi di darat dengan intensitas lemah karena hanya beberapa wilayah saja yang merasakan adanya getaran,” ungkap Setyoajie.

Meski begitu BMKG akan terus melakukan pemutakhiran data dan menginformasikan kepada masyarakat dan diimbau untuk tetap tenang.

“Imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak percaya isu yang tidak bertanggung jawab, tetap mengikuti arahan pihak terkait atau BPBD setempat dan jika memerlukan informasi terkini terkait gempa agar menghubungi kantor BMKG terdekat,” kata Setyoajie.

Sementara itu diperoleh informasi, akibat gempa tersebut satu rumah roboh di Desa Kertosari Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara. Satu bangunan kelas SMPN 2 Kalibening rusak. Kerusakan meliputi tiga kelas pada bagian atap. Satu Mushola rusak pada bagian atap dan plafon dan sebagain tembok ambrol, akibat guncangan.

Informasi dari Posko PMI Banjarnegara, warga di desa tersebut sementara diungsikan ke lapangan karena terjadi kepanikan dan trauma. (LR/B05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.