Gempa 6,3 SR Landa Filipina Selatan

Manila, 21 Dzulhijjah 1437/24 September 2016 (MINA) – kuat berkekuatan 6,3 pada skala Richter (SR) terjadi di lepas Kepulauan , , Sabtu (24/).

Namun badan seismik di Manila memperkirakan gempa tidak akan menyebabkan kerusakan yang signifikan di wilayah yang banyak berpenduduk beragama Islam itu.

Badan U.S. Geological Survey mengungkapkan, gempa awalnya dilaporkan berkekuatan 6,5 SR, terjadi pukul 06:53 waktu setempat atau 05:53 WIB, Channel News Asia melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pusat gempa berada di 71 mil (114,26 km) timur Davao di Mindanao dengan kedalaman 43 mil (69 km) di bawah dasar laut. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik meyakini kedalaman pusat gempa tidak akan berpotensi menimbulkan tsunami.

Meski getaran 6.3 SR dianggap kuat dan mampu menyebabkan kerusakan parah, tapi Renato Solidum, Kepala Badan Seismik Filipina, mengatakan efek gempa akan teratasi dengan sendirinya oleh lokasi dan kedalaman tremor.
“Gempa itu berada di lepas pantai dan relatif dalam dan getaran dilaporkan maksimal di Intensitas V, maka kita berharap tidak ada kerusakan yang signifikan,” kata Solidum. (P022/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.