Gempa Afghanistan: Sedikitnya 1.000 Tewas, Tim Penyelamat Masih Mencari

Seorang penduduk desa Afghanistan mengumpulkan barang-barangnya dari bawah puing-puing rumahnya yang hancur akibat gempa bumi di Distrik Spera di bagian barat daya Provinsi Khost, Afghanistan. (AP)

Paktika, Afghanistan, MINA – Gempa kuat melanda wilayah perbatasan terpencil Afghanistan Selasa malam, menewaskan sedikitnya 1.000 orang dan melukai ratusan lainnya, kata para pejabat pada Rabu (22/6).

Jumlah korban diperkirakan akan meningkat di saat tim penyelamat kesulitan menggali tempat tinggal yang runtuh, The New Arab melaporkan.

Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter melanda paling parah di timur yang berbatu, di mana orang-orang telah menjalani kehidupan yang menantang.

“Orang-orang menggali kuburan demi kuburan,” kata Mohammad Amin Huzaifa, Kepala Departemen Informasi dan Kebudayaan di Paktika yang dilanda bencana. Ia menambahkan bahwa setidaknya 1.000 orang telah meninggal di provinsi itu saja.

Korban tewas terus meningkat sepanjang hari, ketika berita tentang korban datang dari daerah-daerah yang sulit dijangkau di pegunungan.

Sebelumnya, seorang pemimpin suku dari Paktika mengatakan, para penyintas dan penyelamat berjuang keras untuk membantu mereka yang terkena dampak. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.