Gempa di Afghanistan Tewaskan 280 Orang

Foto: Afghan Government News Agency

Khost, MINA – Jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang Afghanistan, Rabu (22/6) pagi bertambah jadi 280 orang dan korban luka mencapai 595 orang, Anadolu Agency melaporkan.

Para pejabat Afghanistan mengatakan jumlah korban tewas bisa meningkat karena puluhan orang berada dalam kondisi kritis.

“Saya mendapat laporan tragis dari provinsi asal saya Paktika, di mana ratusan orang tewas dan terluka dalam gempa bumi yang menghancurkan. Rumah-rumah hancur, dan orang-orang berada di bawah reruntuhan,” kata Khalid Zadran, juru bicara polisi di ibu kota Kabul.

“Tim bantuan dari Kabul telah mencapai daerah itu dan operasi penyelamatan sedang berlangsung. Semua organisasi bantuan harus mengarahkan bantuan mereka ke Paktika,” tambahnya.

Para pejabat Taliban juga telah meminta bantuan segera di daerah-daerah yang dilanda gempa.

Getaran gempa mengguncang provinsi perbatasan timur Khost dan Paktika, kata Kantor Berita Bakhtar yang dikelola pemerintah Afghanistan.

Video dan foto yang beredar di media sosial  juga menunjukkan rumah-rumah rata dengan tanah akibat gempa dahsyat tersebut. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.