Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gempa Filipina di Mindanao Selatan 6,8 SR Tewaskan Enam Orang

Rudi Hendrik - Sabtu, 18 November 2023 - 15:18 WIB

Sabtu, 18 November 2023 - 15:18 WIB

15 Views

(Foto: dok. AA)

Manila, MINA – Gempa bawah laut berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Filipina pada Jumat, 17 November, menewaskan enam orang serta membuat dua lainnya hilang, kata para pejabat.

Gempa terjadi di wilayah Mindanao selatan pada pukul 16:14 waktu lokal. Meskipun awalnya tercatat berkekuatan 7,2 skala Richter, Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS) kemudian menurunkan skala gempa menjadi 6,8 m, menurut berita lokal. Tidak ada peringatan tsunami yang berlaku.

Dikutip dari TIME, kuatnya guncangan membuat banyak orang meninggalkan gedung, dan sebagian langit-langit di pusat perbelanjaan juga runtuh.

Sementara itu, video awal yang dibagikan oleh outlet berita lokal menunjukkan orang-orang terpaksa dievakuasi dari rumah sakit dan berkerumun di lantai pusat perbelanjaan, di tengah guncangan hebat di kota General Santos di Cotabato Selatan.

Baca Juga: Presiden Iran: Pembunuhan Nasrallah Semakin Perkuat Perlawanan

Rekaman lebih lanjut menunjukkan gempa tersebut menyebabkan tanda-tanda dan antena di atas gedung 17 lantai bergetar. Karyawan gedung dievakuasi dengan amani. Gempa juga dilaporkan merobohkan dan menutup Jembatan Buayan Lama yang menghubungkan General Santos dan Sarangani.

Gempa bumi biasa terjadi di Filipina. Negara ini terletak di “Cincin Api”, yaitu sabuk gunung berapi yang mengelilingi Samudera Pasifik, dan rentan terhadap aktivitas seismik. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: AS: Dukungan Kami untuk Israel Tidak akan Pernah Berubah

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia