Gempa Magnitudo 7,4 Guncang NTT, Berpotensi Tsunami

Larantuka, NTT,  MINA – Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami. Gempa terjadi pada pukul 10.20 WIB.

BMKG menginformasikan lokasi gempa 7.59 LS, 122.24 BT. Pusat gempa bumi berada pada 113 kilometer arah barat laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, dengan kedalaman 12 kilometer.

Berdasarkan pengamatan muka air laut, tsunami telah terdeteksi di Marapokot pukul 10:36 WIB dengan ketinggan 0.07 m, dan Reo pukul 10:39 WIB dengan ketinggian 0.07 m. Daerah yang berpotensi tsunami di antaranya, Flores-Timur Bagian Utara, Pulau Sikka, Sikka Bagian Utara dan Pulau Lembata.

BMKG menghimbau Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status awas agar memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat melakukan evakuasi menyeluruh.

Mereka yang berada pada status siaga juga agar memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat melakukan evakuasi.

Mereka yang berada pada status waspada agar memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat menjauhi pantai dan tepian sungai. (R/R7/RS2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.