Gemuruh Kalimat Takbir, Sumbar Raih Juara 1 Cabang Fahmil MTQ Nasional XXVIII

Padang, MINA – Gemuruh kalimat takbir terdengar ketika Kafilah Sumatera Barat berhasil mendapatkan Juara 1 Cabang Fahmil Qur’an Putra pada MTQ Nasional XXVIII tahun 2020.

Penonton yang duduk rapi kompak melakukan selebrasi di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Kamis (19/11).

“Takbir! Allahu Akbar,” kata penonton.

Kemenangan di ajang Fahmil Qur’an merupakan yang pertama diraih oleh Kafilah Sumbar pada MTQ Nasional 2020. Saat penjurian dilakukan secara terbuka berdasarkan benar atau salah saat peserta memberikan jawaban.

Kafilah Sumbar berhasil mengalahkan Kafilah DKI Jakarta dan Sumatera Utara di babak final. Sumbar unggul dengan nilai 1.195 disusul DKI Jakarta dengan nilai 855 dan Sumatera Utara dengan nilai 610.

Pendukung tiga kafilah memberikan semangat dari penonton. Sorakan hingga kalimat takbir bergemuruh ketika Dewan Hakim menyatakan bahwa jawaban benar dan regu terkait layak mendapatkan nilai.

Pada babak final terdapat dua babak untuk cabang Fahmil Qur’an. Babak pertama berupa soal lemparan berjumlah 10. Dimulai dengan pengambilan paket soal oleh perwakilan peserta.

Jika regu yang diberi kesempatan tidak bisa menjawab atau menjawab dengan tidak sempurna maka Dewan Hakim berhak memberikan kesempatan kepada regu lain untuk menjawab.

Babak kedua berupa soal rebutan yang berjumlah 14. Dewan Hakim membacakan soal, kemudian tiga regu berlomba cepat dalam menekan bel. Dewan Hakim memberikan kesempatan menjawab kepada regu yang paling cepat memencet bel.

Jika jawaban yang disampaikan keliru maka regu tersebut mendapatkan pengurangan nilai. Nilai diberikan ketika jawaban yang disampaikan benar.

Pada babak final Cabang Fahmil Qur’an MTQ Nasional 2020 tersebut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno turut hadir dan memberikan semangat kepada Kafilah Sumbar yang sedang berlaga. Ketika babak kedua berakhir, seisi ruangan bergemuruh dengan semarak dan takbir. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)