Gencatan Senjata Gaza Dengan Mediasi Mesir

, MINA – Kesepakatan gencatan senjata di Gaza mulai diberlakukan pada jam 4 pagi pada Rabu (30/5) antara faksi-faksi politik di Gaza dan Israel.

Kesepakatan gencatan senjata awal, di mediasi Mesir pada pukul 12 pagi dan ditunda sampai jam 2 pagi sebelum akhirnya mulai berlaku pada pukul 4 pagi. demikian Maan News Agency melaporkan dikutip MINA.

Gencatan senjata itu dilakukan setelah beberapa hari terjadi saling menyerang di Israel dan Gaza, dengan gerakan Hamas dan Jihad Islam melancarkan sedikitnya 28 roket ke Israel, dan Israel melakukan beberapa serangan udara di Gaza, hingga menewaskan sedikitnya empat pejuang Palestina.

Dalam pernyataannya Anggota Politik Gerakan Hamas Khalil al-Hayyeh mengatakan, kesepakatan gencatan senjata dicapai di Jalur Gaza, dan “faksi-faksi akan berkomitmen pada perjanjian genjatan senjata selama Israel berkomitmen.

Serangan udara Israel ditembakkan dari Gaza terhenti setelah kesepakatan genjatan diberlakukan, meskipun pesawat militer Israel tetap berkeliaran di atas Jalur Gaza.

Sekitar sepuluh situs di Jalur Gaza menjadi sasaran serangan udara Israel pada Rabu (30/5), sementara  faksi bersenjata pejuang Palestina menanggapi dengan roket yang menargetkan kota-kota Israel di sekitar Jalur Gaza. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0