Gerakan “Jumat Berkah” Kabaharkam Polri – PRIMA DMI

Jakarta, MINA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan ( Kabaharkam) Komjen Pol Agus Andrianto bersama PP Perhimpunan Dewan Masjid Indonesia () rutin melaksanakan kegiatan berupa berbagi nasi kotak pada jamaah masjid setiap usai Jumatan.

Kegiatan ini dilaksanakan di lima provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten dan Sumut.

Pelaksanaan kegiatan Jumat Berkah di Jakarta mengambil tempat di Masjid Raya KH. Hasyim Asyari,  Jakarta Barat; di Jawa Barat di Masjid Agung Majalaya, Kabupaten Bandung serta Masjid Jami’ Ar Rahmah, Bogor; di Yogyakarta mengambil lokasi di Masjid Al Ijtihad, Gunung Kidul, di Banten pada Masjid Baitul Muttaqin, Serang juga Masjid Nurul Ilmi, Tangerang.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan kegiatan sosial yang sifatnya positif harus terus dilaksanakan. “Selain berbagi, ini juga rangkaian untuk menjaga kamtibmas dan merawat serta menjaga persatuan, kesatuan,” katanya Jumat (1/1) di Jakarta, sebagaimana rilis yang diterima MINA.

Agus mengatakan, Kapolri Jenderal Idham Aziz telah memerintahkan jajarannya agar terus berbuat hal yang positif dan jangan menyakiti hati rakyat.

“Kita berbuat baik aja belum tentu masyarakat menerima baik, apalagi kalau kita berbuat tidak baik,” ujar Agus meneruskan pesan Kapolri.

Kegiatan Jumat Berkah, sudah berlangsung sejak menjabat WakaPolda Sumut hingga saat ini. Kegiatan ini menjadi lebih terorganisir dan massif dengan menggandeng PRIMA DMI sebagai mitra strategis dalam memetakan dan mendistribusikan paket ribuan nasi boks secara simultan di beberapa kota/provinsi tersebut.

Agus mengajak seluruh elemen bangsa untuk tidak termakan informasi hoax  dan menyebar-luaskannya.

“Kalau ada informasi, teliti dulu, baca dan jangan langsung disebarkan,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Prima DMI Ahmad Arafat Aminullah menyampaikan apresiasi karena mempercayakan kegiatan rutin Jumat Berkah ini pada PRIMA DMI.

“PRIMA DMI, sebagai organisasi kepemudaan Islam yang relatif belia sekaligus merupakan anak kandung Dewan Masjid Indonesia (DMI) senantiasa ingin mengambil peran aktif dalam memecahkan berbagai masalah ataupun kebutuhan di tengah masyarakat, kata Arafat.

Dalam kondisi saat ini, lanjut dia, semangat berbagi dan menebar kepedulian terhadap sesama harus terus kita pupuk, bina dan kembangkan.

“Kami senantiasa membuka kemitraan strategis dengan berbagai organisasi, komunitas maupun institusi dalam berkhidmat untuk ummat, bangsa dan negara. Kita mensupport Polri dalam upaya menjaga kamtibmas dan menjaga persatuan, kesatuan bangsa,” ucapnya.

Sebagai eksponen para aktivis Islam tergabung dalam organisasi yang memayungi remaja masjid, PRIMA DMI akan konsisten merawat umat dari masjid ke masjid, termasuk fokus pada rangkaian kegiatan positif lainnya.

Langkah berbagi nasi kotak dari masjid kepada jamaah salat jumat, mendapat respon yang positif dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) serta jamaahnya.

Humas DKM Masjid Nurul Ilmi di kompleks Perumahan Talaga Bestari Tangerang, Zamaksari misalnya, menyampaikan pihaknya sebagai jamaah maupun pengurus masjid ini sangat berbahagia dan menyampaikan jazakumullah khayran katsiiran atas atensi dan amal jariyah pak Kabaharkam Polri.

“Semoga kualitas dan kuantitas kegiatan ini bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu demi kemaslahatan jamaah”.

Arafat menambahkan, di tengah beragam tantangan dan ujian, Polri sebagai alat negara menunjukkan dirinya hadir bersama umat. Jumat Berkah maupun kegiatan berorientasi kepedulian sosial kemasyarakatan keummatan harus terus berlanjut.

Menurutnya, momentum tahun baru 2021 yang baru kita masuki ini mestilah dimulai dengan kegiatan yang positif, produktif dan partisipatif semacam ini.

“Saya memandang gerakan ini mampu menjadi momen konsolidasi, rekonsiliasi maupun resolusi inter dan antar umat beragama. Dan saya mengajak institusi,  ormas, dan komunitas lainnya untuk terus berbuat yang terbaik bagi kebaikan umat,” pungkas Arafat.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.