Gerakan Muda FCTC: Indonesia Darurat Rokok

(Foto: Undip)

 

Jakarta, 20 Jumadil Akhir 1438/19 Marer 2017 (MINA) – Mewakili ribuan pemuda bangsa dari berbagai kota di Indonesia, Juru Bicara Gerakan Muda Framework Covvention on Tobacco Contro (FCTC), Margianta Surahman mengirim surat terbuka kepada Presiden RI Joko Widodo karena  menilai Indonesia sudah darurat rokok.

“Bapak Presiden, izinkan saya menyampaikan pesan genting untuk bangsa ini. Indonesia sudah darurat rokok, Pak,” katanya, demikian Info Publik yang dikutip MINA, Ahad.

Menurut Soewarta Kosen, peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, setiap hari 668 orang meninggal karena rokok. Angka ini jauh lebih besar dari jumlah korban meninggal akibat narkoba, yakni 68 orang per hari.

Dapat dibayangkan, kata Margianta, dari jumlah 668 tersebut, berapa banyak pemuda bangsa yang menjadi korban. Berapa banyak sudah anak-anak merokok di sudut jalan.

Setiap hari, pemuda bangsa yang terperangkap adiksi rokok terus meningkat. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 1995-2013 menunjukkan perokok muda usia 10-14 tahun meningkat 12 kali lipat selama 19 tahun terakhir. Bahkan 30 persen anak Indonesia sudah merokok sebelum usia 10  tahun, dan ada 75 persen anak muda mulai merokok sebelum usia 19 tahun.

Baca Juga:  Jamaah Haji Gunakan Smartcard untuk Akses Armuzna

Berikut isi surat terbuka Margianta Surahman:

Bapak Presiden, kami gelisah. Pemuda bangsa sudah terkepung rokok yang harganya sangat murah dan penjualannya sangat masif. Di jalanan hingga sekolah, rokok selalu mengintai kami. Saat kami mengapresiasi seniman atau atlet dambaan negeri, bahkan saat menonton TV, rokok mengintai kami. Menjerumuskan kami dalam adiksi, dan membujuk kami untuk bertoleransi dengan bahaya rokok. Padahal, bukan toleransi seperti ini yang ingin kami dukung, Pak.

Bapak Presiden, kami sadar bahwa ini adalah tanggung jawab bersama.  Surat ini ada sebagai penanda bahwa Bapak tidak sendirian. Ribuan pemuda dari berbagai daerah berbaris di belakang Bapak dan mendukung Bapak untuk terus berkomitmen menyelamatkan masa depan bangsa.

Kami menginginkan generasi muda Indonesia di masa depan yang bebas rokok, produktif, beradab, dan bertanggung jawab. Sehingga, kami sungguh sangat khawatir dengan nasib bangsa ini bila melihat kondisi pemuda sekarang yang sudah tercekik adiksi rokok. Mengingat pemuda adalah manusia produktif yang kelak akan menjadi tulang punggung bangsa ini.

Kami mengetahui, di berbagai pelosok nusantara ini banyak pemuda bermimpi menjadi presiden seperti Bapak. Sayang sekali bila semua visi, misi, dan kontribusi mereka kandas sebelum waktunya. Bonus Demografi tahun 2045 hanya akan menjadi mimpi, jika sebagian besar pemuda kita menjadi pesakitan karena rokok.

Baca Juga:  Ada Empat Pintu Kedatangan Jamaah Haji Indonesia di Bandara Madinah

Layaknya sebuah mobil, dukungan kami sebagai bahan bakar, dan Bapak Presiden sebagai pengemudi. Serta, para pemuda bangsa menjadi penumpang, yang akan Bapak pandu dalam perjalanan mencapai tujuan akhir yang gemilang di masa depan. Betapa akan sangat sulit dan terjal perjalanan bila kabut asap rokok menghalangi di kanan kiri.

Belakangan ini, kabut asap rokok paling hitam yang menghalangi perjalanan menuju masa depan bangsa yang gemilang adalah RUU Pertembakauan. RUU yang memberikan jalan bagi produksi rokok yang lebih masif ini, tidak hanya menghalangi upaya Bapak menepati Nawacita, tetapi juga menghalau pembangunan berkelanjutan Indonesia untuk menghadapi Bonus Demografi pada 2045.

Bapak Presiden, kami Pemuda Indonesia, tidak mau menyandarkan masa depan bangsa pada rokok. RUU Pertembakauan yang dinilai muncul karena tingginya cukai rokok bukanlah kemajuan yang ingin kami dukung. Kami paham, cukai adalah instrumen pengendali bahaya rokok, bukan sumber pembangunan bangsa. Kami percaya masih banyak jalan lain yang untuk menuju masa depan bangsa yang cerah. Dan bukan jalan yang mengorbankan pemuda bangsa ke dalam jurang adiksi rokok.

Baca Juga:  Kasus DBD di Sejumlah Daerah Makin Mengkhawatirkan

Keputusan Bapak Presiden untuk menolak RUU Pertembakauan merupakan sebuah angin segar yang menjawab kegelisahan kami. Atas keputusan Bapak tersebut, kami, mewakili ribuan pemuda dari berbagai daerah, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada Bapak.

Tidak pernah ada waktu yang terlambat untuk berada di sisi sejarah yang tepat. Karena itu, melalui Surat Terbuka ini, kami menyampaikan untuk terus mendukung Bapak Presiden menyelamatkan masa depan generasi muda dari kabut asap rokok. Kami berharap, kelak sejarah mencatat Bapak sebagai Presiden Indonesia pertama yang tidak hanya menolak RUU Pertembakauan, tetapi juga mengaksesi Kerangka Kerja Konvensi Pengendalian Tembakau (FCTC), sebagai komitmen penuh menyelamatkan generasi muda yang menjadi masa depan bangsa Indonesia. Demikian surat terbuka ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.

Gerakan Muda FCTC adalah gerakan sosial yang digagas 60 anak muda dari Jabodetabek, Padang, Mataram, Manokwari, Bangka Belitung, Jogjakarta dan Banten, bertujuan untuk menggalang dukungan masyarakat /seluas-luasnya agar Indonesia mengaksesi FCTC untuk melindungi anak dari dampak rokok, melalui aktivitas berbasis media sosial. (T/InfoPublik/R09/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf