Gerakan Subuh Agung dimulai lagi di Tepi Barat dan Kota Al-Quds

Al-Quds, MINA – Ribuan warga Palestina pada Jumat (19/6) menghadiri shalat subuh berjamaah di sejumlah masjid di Tepi Barat dan Kota Al-Quds (Yerusalem) sebagai bagian dari Kampanye Gerakan Subuh Agung yang baru saja kembali dilanjutkan.

Di Kota Al-Quds, ratusan keluarga Palestina pada dini hari berbondong-bondong ke Masjid Al-Aqsa untuk menjalankan ibadah di sana meskipun ada pembatasan dan ketatnya pos pemeriksaan Israel, demikian dilaporkan Palestinian Information Centre.

Dua hari lalu, khotib Masjid Al-Aqsa Ikrimah Sabri, yang dilarang memasuki Masjid Al-Aqsa oleh Otoritas Israel, menyerukan pada para jamaah Muslim Palestina untuk mengintensifkan kehadiran mereka di situs-situs suci, terutama selama sholat subuh, untuk menggagalkan upaya Yahudisasi Israel.

Sementara itu di Al-Khalil Hebron, selatan Tepi Barat, pasukan pendudukan Israel memperketat pembatasan di sekitar Masjid Ibrahimi, yang memungkinkan hanya sejumlah kecil jamaah untuk menghadiri sholat subuh di lokasi tersebut.

Gerakan Subuh Agung diluncurkan oleh para aktivis Palestina pada awal 2020 untuk memprotes Yahudisasi yang sedang berlangsung di Kota Al-Quds dan Masjid Al-Aqsa serta serangan para pemukim ekstrimis Yahudi terhadap masjid-masjid di wilayah Palestina.(T/R1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)