Golongan yang Jauh dari Rahmat Allah [Tadabbur Qs. Al-Kahfi : 103-104]

Oleh , wartawan MINA

Setiap mukmin memahami bahwa kehidupan dunia ini hanyalah sementara. Namun, tidak sama dengan orang-orang yang jauh dari syariat , terutama orang-orang kafir. Bagi mereka yang tidak mengenal Tuhan-nya merasa kehidupan dunia ini adalah segalanya. Mereka tak yakin akan kehidupan akhirat.

Sebenarnya, perjalanan hidup manusia tidak lama di dunia ini. Karena itu, menjalani kehidupan ini adalah pilihan. Artinya, bagaimana dia menjalani kehidupannya, maka itulah kelak buah yang akan dia petik di akhirat nanti. Di antara manusia ada yang merasa bahagia dengan kehidupan dunianya, dan dia tidak berfikir tentang bagaimana kehidupan akhiratnya kelak. Mereka teramat cinta dengan dunia sehingga lupa pada akhirat. Mereka yang lupa pada kehidupan akhirat ini termasuk dalam golonga orang-orang yang merugi.

Terkait dengan hal di atas, Allah Taโ€™ala berfirman,

ู‚ูู„ู’ ู‡ูŽู„ู’ ู†ูู†ูŽุจูู‘ุฆููƒูู…ู’ ุจูุงู„ู’ุฃูŽุฎู’ุณูŽุฑููŠู†ูŽ ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ุงู‹ย ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุถูŽู„ูŽู‘ ุณูŽุนู’ูŠูู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุญู’ุณูŽุจููˆู†ูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ูŠูุญู’ุณูู†ููˆู†ูŽ ุตูู†ู’ุนุงู‹

โ€œKatakanlah: Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?โ€ Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.โ€ (Qs. Al-Kahfi : 103-104).

Dalam ayat lain, Allah Taโ€™ala berfirman,

ู…ูŽู† ูŠูŽู‡ู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ู…ูู‡ู’ุชูŽุฏููŠ ูˆูŽู…ูŽู† ูŠูุถู’ู„ูู„ู’ ููŽุฃููˆู’ู„ูŽู€ุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููˆู†ูŽ

โ€œSiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan siapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi.โ€ (Qs. Al-Aโ€™raaf : 178).

Allah Taโ€™ala juga berfirman,

ู…ูŽู‘ู† ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุฑููŠุฏู ุซูŽูˆูŽุงุจูŽ ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ููŽุนูู†ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุซูŽูˆูŽุงุจู ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู„ุขุฎูุฑูŽุฉู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุณูŽู…ููŠุนุงู‹ ุจูŽุตููŠุฑุงู‹

โ€œSiapa yang menghendaki pahala di dunia saja (maka ia merugi), karena di sisi Allah ada pahala dunia dan akhirat. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.โ€ (Qs. An-Nisaaโ€™: 134).

Berikut ini adalah ciri-ciri manusia yang jauh dari Allah Taโ€™ala,

Pertama, orang-orang yang lalai. Allah Taโ€™ala mengunci mati hati, pendengaran dan penghlihatan kelompok ini dari semua kebaikan dan kemuliaan. Sebenarnya Allah Taโ€™ala sudah memberikan waktu untuk mereka bertaubat, hanya saja karena mereka lebih memilih kelalaian, maka Allah kunci hati mereka. Kelak mereka ini akan menjadi orang-orang yang benar-benar merugi.

Firman ALLAH Taโ€™ala :

ุฃููˆู„ูŽู€ุฆููƒูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุทูŽุจูŽุนูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุณูŽู…ู’ุนูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฃููˆู„ูŽู€ุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุบูŽุงููู„ููˆู†ูŽย ู„ุงูŽ ุฌูŽุฑูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงู„ุขุฎูุฑูŽุฉู ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑูˆู†ูŽ

โ€œMereka itulah orang-orang yang hati, pendengaran dan penglihatannya telah dikunci mati oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang lalai. Pastilah bahwa mereka di akhirat nanti adalah orang-orang yang merugi.โ€ (Qs. An-Nahl : 108-109).

Kedua, golongan syaithan (lupa pada Allah). Ini adalah golongan manusia yang selalu mengikuti hawa nafsunya. Dalam kehidupannya mereka lebih memilih syaithan menjadi temannya. Syaithan menghias segala keburukan agar terlihat baik di mata mereka. Pada akhirnya mereka lupa kepada Sang Pencipta, Allah Taโ€™ala yang selalu mencurahkan rahmat kepada setiap orang yang bertaubat.

Allah Taโ€™ala berfirman,

ุงุณู’ุชูŽุญู’ูˆูŽุฐูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู ููŽุฃูŽู†ุณูŽุงู‡ูู…ู’ ุฐููƒู’ุฑูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃููˆู’ู„ูŽุฆููƒูŽ ุญูุฒู’ุจู ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู ุฃูŽู„ูŽุง ุฅูู†ูŽู‘ ุญูุฒู’ุจูŽ ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููˆู†ูŽ

โ€œSyaitan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan syaitan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan syaitan itulah golongan yang merugi.โ€ ย (Qs. Al-Mujaadilah : 019).

Ketiga, berburuk sangka kepada Allah. Oleh karena mereka mengira bahwa Allah Tabaraka wa Taโ€™ala telah memberi mereka keburukan dan menjauhkan daripada mereka kebaikan yang mereka kehendaki, dan itulah seburukโ€“buruk persangkaan kepada Allah. Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah Tabaraka wa Taโ€™ala senantiasa memberi kebaikan kepada sekalian manusia bahkan kepada manusia yang tiada menyembah-Nya sekalipun (kafir).

Allah Taโ€™ala berfirman,

ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูู…ู’ ุธูŽู†ูู‘ูƒูู…ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุธูŽู†ูŽู†ุชูู… ุจูุฑูŽุจูู‘ูƒูู…ู’ ุฃูŽุฑู’ุฏูŽุงูƒูู…ู’ ููŽุฃูŽุตู’ุจูŽุญู’ุชูู… ู…ูู‘ู†ู’ ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููŠู†ูŽ

โ€œDan yang demikian itu adalah prasangkamu yang telah kamu sangka terhadap Tuhanmu, prasangka itu telah membinasakan kamu, maka jadilah kamu termasuk orang-orang yang merugi.โ€ ย (Qs. Fushslhilat : 23).

Keempat, mengada-adakan dusta Kepada Allah. Yaitu mereka yang di dunia bersusah payah untuk menampakkan kepada manusia, bahwa adalah ia orang yang paling baik ucapannya dan perbuatannyaย dan yang mengatakanย sesuatu yang baik sedang sesuatu yang baik yang ia sampaikan itu tiadak ada pada dirinya. Atau seorang pemimpin yang memiliki kekuasaan yang dengan kekuasaannya ia berbuat dengan sekehendak hatinya dan tiada berbuat adil kepada umatnya sedang di hatinya tidak ada Allah, dan padahal sesungguhnya Allah Maha Mengetahui atas sekalian gerangan yang ia sembunyikan didalam hatinya.

Allah Taโ€™ala berfirman,

ูˆูŽู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ู…ูŽู†ู’ ุฅูู† ุชูŽุฃู’ู…ูŽู†ู’ู‡ู ุจูู‚ูู†ุทูŽุงุฑู ูŠูุคูŽุฏูู‘ู‡ู ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูู… ู…ูŽู‘ู†ู’ ุฅูู† ุชูŽุฃู’ู…ูŽู†ู’ู‡ู ุจูุฏููŠู†ูŽุงุฑู ู„ุงูŽู‘ ูŠูุคูŽุฏูู‘ู‡ู ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ู…ูŽุง ุฏูู…ู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ู‚ูŽุขุฆูู…ุงู‹ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ู‚ูŽุงู„ููˆุงู’ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ูููŠ ุงู„ุฃูู…ูู‘ูŠูู‘ูŠู†ูŽ ุณูŽุจููŠู„ูŒ ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุฐูุจูŽ ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ

โ€œDi antara Ahli Kitab ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya harta yang banyak, dikembalikannya kepadamu; dan di antara mereka ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya satu Dinar, tidak dikembalikannya padamu, kecuali jika kamu selalu menagihnya. Yang demikian itu lantaran mereka mengatakan: โ€œTidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang ummi. Mereka berkata dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui.โ€ ย (Qs. Ali-Imraan : 075).

Dalam ayat lain, Allah Taโ€™ala berfirman,

ููŽู…ูŽู†ู ุงูู’ุชูŽุฑูŽู‰ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุฐูุจูŽ ู…ูู† ุจูŽุนู’ุฏู ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽุฃููˆู’ู„ูŽู€ุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ุธูŽู‘ุงู„ูู…ููˆู†ูŽ

โ€œMaka siapa mengada-adakan dusta terhadap Allah sesudah itu, maka merekalah orang-orang yang zalim.โ€ (Qs. Ali-Imraan : 094).

Kelima, aniaya. Yaitu mereka yang tiada berlaku adil terhadap sesama, yang cenderung merugikan orang lain demi keuntungan yang ia akan peroleh untuk dirinya sendiri atau seumpama manusia berbuat kecurangan yang nyataย dalam kehidupannya dan manusia yang kerap menganiaya orang lain dan dirinya sendiri walaupun karena kesalahan-kesalahan yang diakibatkan oleh perbuatannya.

Allah Taโ€™ala berfirman,

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุงู’ ู„ุงูŽ ุชูŽุฃู’ูƒูู„ููˆุงู’ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูŽูƒูู…ู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูู…ู’ ุจูุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽู† ุชูŽูƒููˆู†ูŽ ุชูุฌูŽุงุฑูŽุฉู‹ ุนูŽู† ุชูŽุฑูŽุงุถู ู…ูู‘ู†ูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู‚ู’ุชูู„ููˆุงู’ ุฃูŽู†ููุณูŽูƒูู…ู’ ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ู‘ู‡ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุจููƒูู…ู’ ุฑูŽุญููŠู…ุงู‹ย ูˆูŽู…ูŽู† ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูุฏู’ูˆูŽุงู†ุงู‹ ูˆูŽุธูู„ู’ู…ุงู‹ ููŽุณูŽูˆู’ููŽ ู†ูุตู’ู„ููŠู‡ู ู†ูŽุงุฑุงู‹ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ูŠูŽุณููŠุฑุงู‹

โ€œHai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.โ€ (Qs. An-Nisaaโ€™ : 29-30).

Keenam, menaati pemimpin yang zhalim. Menaati pemimpin yang zalim akan membuat seseorang jauh dari rahmat Allah Taโ€™ala. Pemimpin yang zalim hanya akan menggiring umatnya pada lembah kebinasaan dan orang seperti itu tidak perlu ditaati. Pemimpin zalim hanya akan menambah buruk keadaan dan menjatuhkan seseorang dalam kehinaan. Tidak ada kebaikan pada pemimpin yang zalim.

Allah Taโ€™ala berfirman,

ูˆูŽู„ูŽุฆูู†ู’ ุฃูŽุทูŽุนู’ุชูู… ุจูŽุดูŽุฑุงู‹ ู…ูุซู’ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุฅูุฐุงู‹ ู„ูŽู‘ุฎูŽุงุณูุฑููˆู†ูŽ

โ€œDan sesungguhnya jika kamu sekalian mentaati manusia yang seperti kamu, niscaya bila demikian, kamu benar-benar (menjadi) orang-orang yang merugi.โ€ (Qs. Al-Muโ€™minuun : 034).

Ketujuh, percaya pada kebatilan dan ingkar kepada Allah. Padahal Allah Tabaraka wa Taโ€™ala telah menetapkan sesuatu putusan itu atas kamu, bahwa yang sedemikian ini dan sedemikian itu..maka beginilah hukumnya. Namun, sebahagian kamu lebih menyukai untuk mengingkari putusan Allah, sedang kamu lebih menyukai segala putusan yang batil yang ada pada manusia sedang kamu berkata bahwa itulah suatu putusan yang sebaik-baiknya.

Allah Taโ€™ala berfirman,

ู‚ูู„ู’ ูƒูŽููŽู‰ ุจูุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ููŠ ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูู…ู’ ุดูŽู‡ููŠุฏุงู‹ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุจูุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ู ูˆูŽูƒูŽููŽุฑููˆุง ุจูุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃููˆู’ู„ูŽุฆููƒูŽ ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููˆู†ูŽ

โ€œKatakanlah: โ€œCukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan di antara kamu. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi. Dan orang-orang yang percaya kepada yang batil dan ingkar kepada Allah, mereka itulah orang-orang yang merugi.โ€ (Qs. Al-Ankabuutโ€™ : 52).

Orang yang ingkar kepada Allah dan percaya pada keburukan adalah orang-orang yang sudah menzalimi dirinya sendiri. Kelak orang-orang semacam ini akan mendapatkan siksa di hari kiamat kelak. Allah Taโ€™ala berfirman,

ูˆูŽุชูŽุฑูŽุงู‡ูู…ู’ ูŠูุนู’ุฑูŽุถููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุฎูŽุงุดูุนููŠู†ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฐูู‘ู„ูู‘ ูŠูŽู†ุธูุฑููˆู†ูŽ ู…ูู† ุทูŽุฑู’ูู ุฎูŽูููŠูู‘ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููŠู†ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุฎูŽุณูุฑููˆุง ุฃูŽู†ููุณูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู‡ู’ู„ููŠู‡ูู…ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ุฃูŽู„ูŽุง ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุธูŽู‘ุงู„ูู…ููŠู†ูŽ ูููŠ ุนูŽุฐูŽุงุจู ู…ูู‘ู‚ููŠู…ู

โ€œDan kamu akan melihat mereka dihadapkan ke neraka dalam keadaan tunduk karena (merasa) hina, mereka melihat dengan pandangan yang lesu. Dan orang-orang yang beriman berkata: โ€œSesungguhnya orang-orang yang merugi ialah orang-orang yang kehilangan diri mereka sendiri dan (kehilangan) keluarga mereka pada hari kiamat. Ingatlah, sesungguhnya orang-orang yang zalim itu berada dalam azab yang kekal.โ€ (Qs. Asy โ€“ Syuura : 045).

Semoga Allah Taโ€™ala membimbing setiap langkah kita agar selalu dimudahkan menggapai rahmat dan kasih sayang-Nya, aamiin.(A/RS3/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.