Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gowes Cinta Al-Aqsa AWG Semarang Tempuh Jarak 100 Kilometer

Zaenal Muttaqin - Sabtu, 18 November 2023 - 15:12 WIB

Sabtu, 18 November 2023 - 15:12 WIB

12 Views

Semarang, MINA – Lembaga kemanusiaan dan ke-Palestinaan, Aqsa Working Group (AWG) Biro Semarang Jawa Tengah, melakukan kegiatan gowes, dari Kota Semarang menuju Pekalongan, Sabtu (18/11).

Ada 60 pesepeda dari Kota Semarang yang mengikuti kegiatan kali ini dan ikut bergabung pula 20 goweser dari Kabupaten Pekalongan. Tim Gowes ini menempuh jarak sekitar 100 kilometer dengan mengambil rute jalur Pantura melintasi Kota Kendal, Batang dan finish di Alun-Alun Kota Pekalongan.

Pembina AWG Jawa Tengah, Nurrokhim saat pelepasan menyampaikan, kegiatan gowes atau bersepeda bertujuan untuk mensosialisasikan dan menggalang solidaritas untuk Palestina.

Gowes ini diikuti oleh generasi muda, sehingga menimbulkan efek tersendiri untuk gema pembebasan Masjid Al-Aqsa di Palestina,” katanya.

Baca Juga: Update Gempa Garut, Ribuan Rumah, Puluhan Tempat Ibadah Rusak

Suara takbir dan teriakan slogan “Al Aqsha Haqquna” menggema saat pelepasan tim Gowes Cinta Al-Aqsa di Biro Semarang, menandakan kesiapan pasukan gowes dengan niat dan keikhlasan melaksanakan amanah mengibarkan gema pembebasan Masjid Al-Aqsa.

Tidak lupa, para pesepeda dalam aksi estafet tersebut mengenakan atribut Indonesia-Palestina seperti kaus, slayer, dan bendera merah putih serta bendera Palestina.

Gowes kali ini juga diikuti oleh warga asal Gaza Palestina, Mohamed Al Misri yang kini sudah memperistri muslimah asal Kota Semarang.

November dipilih menjadi Bulan Solidaritas Palestina (BSP) karena setidaknya ada empat peristiwa penting yang diperingati oleh rakyat Palestina dan dunia di bulan ini, yakni Deklarasi Balfour 02 November 1917, wafatnya Pemimpin Palestina Yasser Arafat 11 November 2004, dan Deklarasi Palestina Merdeka 15 November 1988.

Baca Juga: BRIN bersama MAB-UNESCO Indonesia Finalisasi Tinjauan Berkala Tujuh Cagar Biosfer

Hari Solidaritas Palestina sedunia sendiri ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sejak 1979 pada setiap tanggal 29 November.

Khusus di Indonesia, BSP tahun ini adalah kali ketiga setelah diselenggarakan perdana pada 2021. Agenda tahunan ini bertujuan sebagai upaya mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka dari penjajahan Zionis Israel serta dalam rangka pembebasan Masjid Al Aqsa.

Melalui BSP, AWG juga ingin menyerukan pada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk terus teguh pada komitmen anti penjajahan sesuai amanat UUD 1945 (alinea pertama).

Pelaksanan BSP itu sendiri menjadi bagian dari edukasi kepada generasi muda tentang usaha-usaha pembebasan Al-Aqsa serta bagi kemerdekaan Palestina. (L/B04/R1)

Baca Juga: Datangkan Instruktur Perancis, Ukhuwah Al-Fatah Rescue Gelar Pelatihan Urban SAR

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Palestina
Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health