Great March of Return Masuki Pekan ke-53

Gaza, MINA – Ratusan warga Palestina berbondong-bondong ke zona penyangga Gaza-Israel pada Jumat (12/4), untuk mengambil bagian dalam Great March of Return, yang telah memasuki pekan ke-53.

Dalam sebuah pernyataan, Komite Nasional Gaza untuk Melawan Pengepungan (terdiri dari beberapa faksi perlawanan yang berbasis di Gaza) meminta rakyat Gaza mengambil bagian dalam demonstrasi hari Jum’at itu, MEMO melaporkan.

Pada Jumat malam, Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan, seorang remaja Palestina terbunuh di dekat zona penyangga oleh tembakan tentara Israel.

“Masira Abu Shallouf, 15, meninggal setelah ditembak di perut, di sebelah timur kota Jabalia,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, dengan menambahkan bahwa setidaknya 30 demonstran lainnya terluka.

Sejak warga Palestina mulai mengadakan unjuk rasa pekanan di sepanjang zona penyangga, lebih dari setahun yang lalu, hampir 270 demonstran telah terbunuh dan ribuan lainnya terluka.

Para demonstran menuntut hak para pengungsi Palestina, untuk kembali ke rumah mereka di Palestina.

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 12 tahun Israel di Jalur Gaza, yang telah memusnahkan ekonomi daerah kantong pantai dan merampas sekitar dua juta penduduk dari banyak komoditas pokok. (T/Ast/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)