Gubernur Anies: Munas X MUI Jadi Contoh Disiplin Prokes

Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sambutan dalam pembukaan Munas ke X Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta Pusat, Rabu (25/11). Munas dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Alhamdulillah, kita diberikan nikmat kesehatan dalam kondisi pandemi, hikmat kesehatan adalah sesuatu yang harus kita syukuri,” kata Anies.

Anies mengapresiasi panitia Munas yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Biasanya lokasi acara hanya dibolehkan 50 persen.

“Namun Munas kali ini hanya 20 persen kapasitas. Ini menunjukkan kehati-hatian dan keseriusan,” ujar dia.

Anies mengingatkan peran penting semua pihak di masa pandemi. Dari aspek pemerintah, melakukan testing, tracing, isolasi, dan treatment, tapi di sisi masyarakat melakukan 3M. Yang paling menantang adalah jaga jarak. Karena itulah acara yang sifatnya duduk memenuhi protokol 3M.

“Panitia menggaungkan protokol kesehatan bisa dijalankan, bisa dilaksanakan dengan baik dan MUI menjadi contoh dalam terapkan Prokes,” kata dia.

“Kami berharap Munas MUI ke X menelurkan tuntunan/fatwa/pegangan, dan insya Allah Jakarta bisa menjadi rujukan, selamat, semoga berjalan lancar,” kata Anies.

Munas X MUI berlangsug Jakarta, 25-27 November 2020, digelar secara luring dan daring. Peserta luring adalah pengurus MUI Pusat dan perwakilan daerah, sementara peserta daring adalah para pengurus daerah.

Munas X MUI bertema “Meluruskan Arah Bangsa dengan Wasathiyatul Islam, Pancasila, dan UUD NRI 1945, secara Murni, dan Konsekuen.” Dan membahas sejumlah agenda penting antara lain fatwa, rekomendasi, dan pergantian kepengurusan dan puncak pimpinan. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)