Gubernur Anies Terpilih Jadi Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities

London, MINA – bersama Gubernur Tokyo Yuriko Koike terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah di London, Inggris, Jumat (4/12).

C40 Cities adalah sebuah badan yang memberikan arahan strategis untuk jaringan global dari 97 kota besar dunia yang berkomitmen untuk mengatasi krisis iklim.

C40 mewakili lebih dari 700 juta warga di dunia dan seperempat ekonomi global.

Sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40, keduanya berperan memberi arahan strategis dalam rangka mengatasi krisis iklim pada jaringan 97 kota tersebut.

“Perkembangan terkini di kawasan Asia Timur, Tenggara, dan Oseania telah menciptakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu kolaborasi bersama generasi muda, sektor swasta, pemerintah nasional, serta mitra non-pemerintah lokal maupun internasional,” ujar Anies melalui keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta.

Di tengah pandemi Covid-19, ia dan Gubernur Koike juga akan mendukung para wali kota anggota C40 guna mendorong pemulihan ekonomi kota akibat dampak pandemi.

Hal itu dilakukan melalui pendekatan yang ramah lingkungan dan berkeadilan serta penanganan krisis iklim, sebab para pemimpin kota anggota C40 berkomitmen mewujudkan tujuan utama Perjanjian Paris.

Sementara itu bagi Gubernur Koike, ini adalah penetapannya yang kedua setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah sejak 2014.

Ia adalah gubernur wanita pertama di Kota Tokyo dan konsisten menangani masalah lingkungan di kota itu dan seluruh Jepang.

Koike mengatakan: “Sebuah momentum baru sedang menuju baik resolusi krisis iklim maupun pemulihan ekonomi akibat COVID-19,”.

Menurutnya, peran kota sangat penting dalam menghadapi dua masalah utama tersebut dan Tokyo mempromosikan pemulihan berkelanjutan bagi semua orang. (T/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.