Gubernur Korsel Serukan Gelar Asian Games Musim Dingin bersama Korut

(Sumber: Sonokor)

Gangneung, Korea Selatan, MINA – Gubernur wilayah Korea Selatan yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin tahun ini menyatakan keinginannya untuk bersama-sama menjadi tuan rumah Asian Games Musim Dingin 2021 dengan Korea Utara.

Gubernur Provinsi Gangwon Choi Munsun mengatakan pada Ahad (25/2), proses selama bertahun-tahun untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan acara bersama secara signifikan akan memperbaiki hubungan antara kedua negara yang saling bersaing dipisahkan oleh perang.

Choi Munsun mengatakan, provinsi tersebut dapat menggunakan stadion yang telah dibangun untuk Olimpiade, sementara Korea Utara dapat menggunakan resor ski Masik untuk pertandingan bersama, demikian KWWL melaporkannya yang dikutip MINA.

Gangwon belum memasukkan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Asian Games Musim Dingin 2021.

Namun saat ini belum jelas apakah pemerintah nasional Korea Selatan akan mendukung upaya untuk bersama-sama menjadi tuan rumah acara tersebut di tengah upaya internasional memperkuat tekanan dan sanksi terhadap Korea Utara.

Pada Juni 1950, perang meletus di wilayah Korea antara Utara yang komunis dan Selatan yang kapitalis, menyebabkan 2 juta hingga 4 juta orang tewas. Cina yang mendukung Korut dalam konflik yang berlangsung tiga tahun, sementara Amerika Serikat memberikan dukungan kepada Korsel.

Hubungan dua Korea telah terkunci dalam bahaya sejak perang berakhir pada 1953 dengan gencatan senjata. Namun, itu bukanlah sebuah perjanjian damai, sehingga secara teknis kedua negara masih berperang.(T/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)