Gubernur Sumbar: Launching MTQN XXVIII Digelar Secara Virtual 24 Juli 2020

Jakarta, MINA – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan kepada Kementerian Agama (Kemenag) bahwa rencana launching gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII pada Jumat, 24 Juli 2020.

Peluncuran MTQN tersebut akan dilakukan secara virtual.

Hal itu dinyatakan saat berkunjung ke Kantor Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (16/7), untuk melaporkan persiapan MTQN XXVIII. Kehadiran Irwan Prayitno diterima Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

“Kami mengusulkan launching MTQ Nasional XXVIII ini pada 24 Juli 2020 secara virtual. Adapun acara utamanya pada 12-21 November 2020,” kata Irwan, demikian keterangan yang diterima MINA.

“Kalau di Sumbar, Covid-19 sampai saat ini sudah melandai, sudah banyak zona hijau. Kita sudah nomor satu zona hijau di Sumatera Barat. Tidak ada zona merah lagi, kebanyakan hijau dan kuning,” jelasnya.

Meski demikian, Irwan menegaskan bahwa pelaksanaan MTQN akan menerapkan protokol kesehatan. Sebab, peserta MTQ Nasional akan datang dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menyampaikan terimakasih atas kunjungan Gubernur Sumbar untuk menyampaikan kemajuan kesiapan pelaksanaan MTQN XXVIII di Sumbar.

“MTQ XXVIII ini adalah event nasional, keterlibatan Pemda yang luar biasa dan Kementerian terkait,” kata Kamaruddin Amin.

Kamaruddin menyampaikan bahwa jenis lomba MTQ Nasional XXVIII ada delapan kategori yakni Cabang Seni Baca Al-Quran (tilawah), Cabang Qiraah Sab’ah, Cabang Hifzhil Quran, Cabang Tafsir, Cabang Khatil Quran, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahril Quran, dan Cabang lomba Menulis Makalah Ilmiah Al-Quran (M2IQ).

MTQ Nasional kali ini akan diikuti sekitar 1.924 orang peserta.

“Terimakasih kepada Gubernur Sumatera Barat yang telah mempersiapkan gelaran MTQ Nasional ini,” pungkas Kamaruddin. (R/R8/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)