Hadi Supratikta Terpilih sebagai Ketua Umum IPINDO  

Jakarta, MINA –   Dr Hadi Supratikta MM, Peneliti Utama pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, menyatakan siap mengemban amanah sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Peneliti dan Inovator Pemerintahan Indonesia (DPP IPINDO) masa bakti 2020-2025.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (26/1), Hadi Supratikta juga meminta dukungan semua pihak terkait bagi suksesnya pelaksanaan program-program IPINDO sampai lima tahun ke depan.

Hadi Supratikta dilantik sebagai Ketua Umum DPP IPINDO untuk kepengurusan periode 2020-2025 pada 21 Januari 2021. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Dewan Penasehat IPINDO Prof Dr Ir Singgih Riphat MA.

Jajaran pengurus lainnya yang dilantik adalah Edwin Pratama Putra SE (Wakil Ketua Umum), Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Wakil Ketua Umum), Devi Kusumawardhani SE MAk (Wakil Ketua Umum), Dr Wawan Munawar Kholid MSi (Sekjen), Rifaat Amhariz (Bendahara Umum), dan Nicolo M Fely (Direktur Eksekutif).

Dalam kepengurusan DPP IPINDO 2020-2025 juga tercantum sejumlah nama tokoh nasional, yakni Wamendiknas 2010-2011 yang sekarang menjabat sebagai Rektor Universitas Yarsi Prof dr Fasli Jalal SpGK PhD (Ketua Dewan Pengawas) dan Sekjen DPD RI 2013-2018 Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto (Ketua Dewan Pakar).

Nama-nama tokoh nasional lainnya adalah Menpora 2009-2012 Drs Andi Alfian Mallarangeng MSc PhD (Wakil Ketua Dewan Pakar), Wakil Kepala LIPI 2017-2018 Prof Dr Ir Bambang Subiyanto MSc (Anggota Dewan Pakar), dan Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin MSc (Anggota Dewan Pakar).

Selain itu ada Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia Prof Dr Ir  Asep Saefuddin MSc (Anggota Dewan Pakar), Rektor Unindra Prof Dr H Sumaryoto (Anggota Dewan Pakar), dan Sekjen DPR RI 2013-2017 Dr Winantuningtyastiti Swasanani MSi (Anggota Dewan Pakar).

Kemudian ada Ahli Utama BKKBN Dr Abidinsyah Siregar DHSM MBA MKes (Anggota Dewan Pakar), drg Usman Sumantri MSc (Ketua Dewan Etik/Komite Etik), dan Rektor Universitas Pamulang Dr H Dayat Hidayat MM (Pengurus DPP).

Acara pelantikan DPP IPINDO masa bakti 2020-2025 dilanjutkan dengan Webinar Ketahanan Nasional dengan Keynote Speaker Brigjen TNI Farid Arman dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan tema “Peran IPINDO dalam memelihara ketahanan nasional”.

Nara sumber pada webinar itu adalah Ir R Sad Hutomo Pribadi MSi (Pengurus DPP IPINDO) dengan sub tema “Ketahanan nasional dalam bidang pangan/kedaulatan pangan”, Dr Abidinsyah Siregar DHSM MBA MKes dan Prof dr Fasli Jalal SpGK PhD dengan sub tema “Ketahanan nasional dalam bidang kesehatan dan peran Pemda”.

Pemateri lain adalah Drs Andi Alfian Mallarangeng MSc PhD dengan sub tema “Ketahanan nasional bagi generasi muda sesuai konteks jaman”, dengan moderator Dr Dirgantara Wicaksono MPd MM (Pengurus DPP IPINDO yang juga Pendiri Backpacker Teaching Indonesia).

Menurut Ketua Umum IPINDO, beberapa hal aktual yang dicermati organisasi profesi yang dipimpinnya adalah Undang-Undang Pemerintahan Daerah yang di dalamnya turut mengatur inovasi daerah dan Undang-Undang Desa.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)