Haji 2021: Tiba di Mina, Jamaah Mulai Laksanakan Ibadah Haji

Suasana di Mina, Makkah, Arab Saudi, pada Hari Tarwiyah, Ahad (18/7/2021).(Foto: VPO Hajj)

Mina, MINA – Jamaah haji berkumpul di lembah Mina di luar Makkah, Arab Saudi, pada Ahad (18/7), 8 Dzulhijjah 1442H, untuk melakukan ibadah Hari Tarwiyah, menandai awal dimulainya proses ibadah haji.

Tidak ada ritual besar, sehingga para jamaah akan menghabiskan waktu mereka berdoa dan merenung sampai matahari terbit pada esok hari, Kantor Berita OKI melaporkannya.

Pada hari Senin (19/9), para jamaah akan melakukan perjalanan ke Arafat untuk mendengarkan khotbah, puncak haji. Mereka kemudian pergi ke Muzdalifah dan bermalam, sebelum kembali ke Mina untuk ritual Jamarat.

Presiden Asosiasi Kendaraan Umum Arab Saudi Abdulrahman bin Mayouf Al-Harbi mengatakan, seluruh jamaah haji yang berjumlah 60.000 orang dibawa menuju tenda kota Mina pada Ahad siang.

Al-Harbi menunjukkan, lebih dari 2.000 bus digunakan untuk membawa jamaah haji ke Mina, menunjukkan bahwa transportasi jamaah haji ke Arafah akan dimulai pada pukul 05:00 waktu Makkah, pada tanggal 9 Dzulhijjah 1442 H bertepatan dengan Senin besok.

Semua jamaah menetap di Mina mengikuti tradisi Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pada malam Hari Arafah, puncak haji tahunan. Diinginkan bagi para jamaah untuk bermalam di Mina pada malam Hari Arafah, seperti yang dilakukan Nabi, saw. (R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)