Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hakim Tunisia Mogok Sepekan sebagai Protes terhadap Presiden Saied

Rudi Hendrik - Ahad, 5 Juni 2022 - 20:32 WIB

Ahad, 5 Juni 2022 - 20:32 WIB

3 Views

Rakyat Tunisia secara teratur berunjuk rasa menentang Kais Saied, yang perebutan kekuasaannya telah dicap sebagai 'kudeta' oleh para kritikus. [Sumber: Getty]

Tunis, MINA – Hakim-hakim di Tunisia akan menangguhkan pekerjaannya di pengadilan selama sepekan mulai Senin (6/6) dan mengadakan aksi duduk untuk memprotes pembersihan terhadap  hakim oleh Presiden Kais Saied.

Pekan ini, Presiden Saied telah memecat 57 hakim, menuduh mereka korupsi dan melindungi teroris, dalam tindakan kerasnya terhadap peradilan.

Itu adalah langkah terbaru Saied untuk memperkuat cengkeramannya pada kekuasaan di negara Afrika Utara itu, The New Arab melaporkan, Sabtu (4/6).

Hakim Hammadi Rahmani mengatakan, pertemuan hakim pada hari Sabtu dengan suara bulat sepakat untuk menangguhkan pekerjaan di semua pengadilan dan memulai aksi duduk.

Baca Juga: Aksi Protes di 10 Negara untuk Penghormatan terhadap Gugurnya Ratusan Wartawan

Pemogokan akan dimulai pada hari Senin (6/6) di semua lembaga peradilan dan dapat diperpanjang, kata Anas Hamaidi, Presiden Asosiasi Hakim.

Musim panas lalu, Saied merebut kekuasaan eksekutif dalam sebuah langkah yang disebut musuhnya kudeta, sebelum mengesampingkan konstitusi 2014 untuk memerintah dengan dekrit dan membubarkan parlemen terpilih.

Pembersihan pengadilan oleh Saied memicu kemarahan internasional. Washington menuduhnya merusak institusi demokrasi Tunisia. (T/RI-1/P1)

 

Baca Juga: 13.500 Warga Suriah Tinggalkan Lebanon, Kembali ke Negaranya

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Afrika
Palestina
Dunia Islam